GIAN Peringati Hari Jadi Yang Ke 5 : Bersama BNN RI Deklarasi Leuwikaret Sebagai Pelopor Desa Bersinar

Gian Peringati Hari Jadi Yang Ke 5 : Bersama Bnn Ri Deklarasi Leuwikaret Sebagai Pelopor Desa Bersinar

Liputan4.com, Klapanunggal – Kabupaten Bogor

Milad GIAN yang ke 5 tahun 2022 di selenggarakan di Desa Leuwikaret sebuah desa terpencil yang terletak di kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat pada Kamis (30/06/2022)


Gian Peringati Hari Jadi Yang Ke 5 : Bersama Bnn Ri Deklarasi Leuwikaret Sebagai Pelopor Desa Bersinar

Acara di buka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama – sama, di lanjutkan dengan yel yel anti narkoba yang di pimpin Seraphine Destina Nurani SE selaku Sekjen DPP GIAN, ketua Umum DPP GIAN R. Guntur Eko Widodo mengawali pemotongan tumpeng yang kemudian dibagikan pada para tamu kehormatan. Milad GIAN berlangsung meriah dan penuh khidmat.

Di usianya ke 5 Tahun ini GIAN yang merupakan lembaga Anti Narkotika Pelopor Aksi Nasional P4GN Kawal Inpres No 2 Tahun 2020, GIAN telah sepakat mendukung penuh pemerintah Indonesia menolak rekomendasi WHO 5.4 dan 5.5 Tentang legalisasi Ganja, di hari jadinya yang ke 5 GIAN bersama masyarakat tengah mendeklarasikan “LEUWIKARET PELOPOR DESA BERSINAR” (Bersih Narkoba)
Turut hadiri pada milad GIAN tersebut Brigjen Pol Dr. Victor Fudjiadi, SpB. FICS. DFM Staf ahli kepala BNN RI yang juga merupakan Pembina DPP GIAN.

Brigjen Pol Dr. Victor Fudjiadi, SpB. FICS. DFM staf ahli BNN RI memaparkan edukasi pencegahan dan penyalah gunaan narkoba serta bahayanya, dihadapan masyarakat desa Leuwikaret, yang mana Karang Taruna Guha Gajah bersama pemerintahan Desa, aparatur keamanan dan seluruh element masyarakat Desa Leuwikaret kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor turut berperan aktif dalam mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba,.
Hal tersebut di buktikan oleh masyarakat dan karang Taruna Guha Gajah dengan membubuhkan tandatangan PAKTA INTEGRITAS bersama di sebuah Banner berukuran Besar.

Kepala desa Leuwikaret Ade Endang Safrudin melalui Sekdesnya Hendi Darsan mengatakan, “Pemerintah desa Leuwikaret sangat bersyukur atas adanya DESA PELOPOR BERSINAR yang di inisiasi oleh GIAN bersama teman – teman dan inspratuktur lain nya, memang ini yang di inginkan kami bahwa desa Leuwikaret ini kedepan jangan sampai tersentuh oleh narkoba jadi bersih dari narkoba, harapan kami terutama untuk generasi muda desa Leuwikaret khususnya mungkin umumnya secara nasional, karena peredaran narkoba sudah masuk ke desa maka kami menggandeng para pemuda dan karang taruna yang mana nanti sebagai garda terdepan untuk mensosialisasikan ini,” ucap Sekdes Leuwikaret Hendi Darsan.

Lebih lanjut Hendi Darsan berpesan pada seluruh lapisan masyarakat desa Leuwikaret, “bahwa narkoba itu merusak jiwa kita, merusak kesehatan kita, merusak akal sehat kita.jadi perangi narkoba jangan sampai masuk,” Imbuhnya.

Di tempat yang sama Jaenal Abidin selaku Karang Taruna Desa leuwikaret menjelaskan terkait awal kerjasamanya dengan GIAN, “saat itu GIAN tengah mengadakan pelatihan di puncak dan dirinya sebagai narasumber, kemudian terjalin komunikasi yang erat, maka GIAN mengadakan acara ulang tahunnya di sini dia (Jaenal Abidin – red) merasa terharu dan bangga ditambah lagi yang dari Banten dari Kalimantan, dan jendral juga datang ke desa kami yang mana desa kami merupak desa terpencil yang terpojok tapi mereka menyempatkan waktu, kami sangat berterima kasih kepada Jajaran GIAN yang telah mensuport kami selaku karang taruna desa Leuwikaret berusaha mencegah narkoba”

Jaenal Abidin berharap, “agar pemuda Desa Leuwikaret jangan mengenal yang namanya narkoba, banyak yang mengakibatkan seperti insiden mengemudi pemerkosaan, pencurian dan sebagainya akibat dampak narkoba tersebut”

“Untuk karang taruna nantinya akan ada Sektor Kor -T dan Kor – W mungkin nanti akan saya beri pemaparan terkait bahaya narkoba,” ucap Jaenal Abidin..

Ridwan selaku Ketua BPD Desa Leuwikaret berusaha manampung aspirasi masyarakat dengan ada agenda seperti ini masyarakat sangat antusias tujuan kita baik sekali untuk memberantas narkoba, masuknya GIAN yang akan kerja sama dengan desa Leuwikaret kami BPD dan Karang Taruna sangat antusias karena kita juga akan buat Desa Wisata, potensi alam Desa leuwikaret ke Ciorai Cibuntu sana luar biasa apa lagi tadi ketua GIAN bilang kita akan kerja sama buat desa Leuwikaret ini Desa Wisata, pasti masyarakat akan menikmati hasil kerja sama tadi dan Masyarakat sangat mendukung,” pungkasnya.

Ditempat yang sama dengan lokasi berbeda Ketua Umum DPP GIAN R. Guntur Eko Widodo kepada awak media mengatakan, ” Berdasarkan surat keputusan DPP GIAN bahwa tahun ini memiliki program GIAN Masuk Desa, kemudian terkait Inpres no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN sebagai program nasional tentu saja akan memilih desa yang punya potensi kedepan bisa dijadikan program pemberdayaan masyarakat, kebetulan desa Leuwikaret yang terletak di kecamatan klapanunggal memiliki industri, konservasi dan sebagainya, karena desa Leuwikaret juga memiliki 1800 Hektar hutan konservasi yang berbatasan dengan lahan lahan garapan indocenent, desa ini juga me.iliki destinasi pariwisata yang belum di garap dengan baik yaitu terdapat 32 Gua Alam dan beberapa tebing yang bagus dan memiliki juga sumber Air alami di tengah tengah hutan yang rencananya kedepan akan kita kembangkan atau setidaknya suplay air bersih untuk masyarakat itu sendiri.,” Ucap R. Guntur Eko Widodo ketum GIAN

Masih kata Guntur Eko Widodo, “yang menjadi keputusan Desa Leuwikaret ini sebagai Pelopor Desa Bersinar di awali sinergi antara GIAN Dengan karang Taruna Leuwikaret, sejak beberapa waktu lalu, Kemudian setelah event hari ini akan adalagi antara GIAN Dengan Ibu – ibu warga desa Leuwikaret ini semua satu rangkaian yang tak dapat dipisahkan dengan Rencana Aksi P4GN, karena salah satu prinsip dasar memutus mata rantai penyalahan gunaan narkotika itu dengan memberdayakan masyarakat., Mengajak masyarakat melakukan hal – hal yang positif dan terutama generasi mudanya.”

“Kita sinergi dan Pokus ke karang Taruna Leuwikaret yang semangatnya luarbiasa, mereka semua menyatakan sikap perang dengan narkoba, mengingat secara umum ini kan masuk wilayah Bogor yang boleh di bilang pernah punya track record,(pernah ada pabrik narkoba terbesar di dunia) maka hari ini dalam ulang tahun GIAN yang ke 5 kita putuskan bersama DEKLARASI LEUWIKARET DESA PELOPOR BERSINAR dengan kita sama – sama lakukan pengguntingan pita gapura selamat datang Desa Pelopor Bersinar dan juga sama sama kita lakukan penandatanganan PAKTA INTEGRITAS DESA PELOPOR BERSINAR yang ditandatangani oleh Karang Tarunanya dan seluruh lapisan Masyarakat Desa LeuwiKaret bersama GIAN.”
” Kemudian kedepan nya kita akan melangkah tahap demi tahap akan Pokus memanfaatkan potensi lahan di lauwikaret yang cukup luas itu dengan membuat program melalui diskusi yang pernah dilakukan dengan porum pemdes dan karang taruna untuk memberdayakan karang Taruna menggarap potensi wisatanya. dengan Moto Menjadikan Desa Leuwikaret ini menjadi Destinasi Desa Wisata Budaya Berbasis Konservasi” desa Leuwikaret.”

Ketua Umum GIAN mengucapkan, “Terima kasih Kepada BNN RI, masyarakat Leuwikaret, pemerintah desa Leuwikaret beserta Jajaran nya, aparat keamanan Babhinsa Kamtibmas serta seluruh kader GIAN beserta Infrastrukturnya. yang turut serta mensukseskan Milad GIAN yang ke 5 Tahun 2022.” (Enoh Suherman)

Print Friendly, Pdf & Email