Gempabumi M 7.2 Guncang Nias Barat, Masyarakat Panik Dan Keluar Rumah

  • Bagikan
Gempabumi M 7.2 Guncang Nias Barat, Masyarakat Panik Dan Keluar Rumah

Gempabumi M 7.2 Guncang Nias Barat, Masyarakat Panik Dan Keluar Rumah

 

Sumut Liputan4.Com Gempabumi dengan parameter magnitudo 7.2 dirasakan kuat oleh masyarakat di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati melalui Whats Apps menyampaikan, Kepala Sub Bidang Direktorat (Kasubdit) Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat, Hiramo melaporkan, guncangan gempabumi tersebut sempat membuat masyarakat panik dan keluar rumah.

“Masyarakat panik dan keluar rumah,” ujar Hiramo melalui keterangan tertulis.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Nias Barat saat ini sedang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak terkait.

Sementara itu, lanjut Raditya, berdasarkan hasil rekaman seismogram Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempabumi tersebut berada pada 0.10 LU dan 96.53 BT di laut pada kedalaman 19 kilometer (km).

Adapun apabila ditarik garis lurus, maka jarak pusat gempa tersebut berada pada 141 km Barat Daya Nias Barat, 151 km Barat Daya Nias Selatan, 172 km Barat Daya Nias, 455 km Barat Daya Medan dan 1.339 km Barat Laut Jakarta.

Lebih lanjut, menurut BMKG gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerugian materil.

Sementara Adi Spv. Pusdalops BPBD Kab. Kep. Mentawai, Adi dalam Whats Apps juga menyampaikan di Kab. Kep. Mentawai, gempa dirasakan sedang (II MMI) selama 2-3 detik di kantor BPBD Kab. Kep. Mentawai Ds. Tuapaja, Kec. Sipora Utara, Kab. Kep. Mentawai. Gempa dirasakan kuat (IV – V MMI) selama 4-5 detik di Ds. Simalegi, Kec. Siberut Barat, Kab. Kep. Mentawai

“Sebagian Masyarakat Ds. Simalegi, Kec. Siberut Barat sempat mengungsi ke tempat lebih aman.
Sejauh ini tidak ada informasi kerusakan akibat gempa,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, masyarakat yang sempat mengungsi telah kembali kerumah masing-masing namun BPBD menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

Abdi Sumarno

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
1
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan