PPDB KOTA MEDAN 2022

Gelar Patroli Antisipasi Karhutla, Polsek Rangsang Gandeng PT SRL dan MPA

Gelar Patroli Antisipasi Karhutla, Polsek Rangsang Gandeng Pt Srl Dan Mpa

LIPUTAN4.COM ] MERANTI – Personil Polsek Rangsang Polres Kepulauan Meranti, Sabtu (28/5/2022) siang melaksanakan kegiatan patroli antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Patroli yang berlangsung di kawasan hutan Dusun 2 Desa Gayung Kiri dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Briptu Anggi Irawan dengan menggandeng karyawan PT SRL dan masyarakat peduli api (MPA) setempat.


Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH mengatakan bahwa dalam patroli tersebut tim melakukan pengecekan terhadap debit air di embung dan sekat kanal di wilayah tersebut.

“Patroli ini sebagai langkah antisipasi terhadap karhutla. Selain memantau hotspot, anggota kita juga melakukan pengecekan debit air embung dan sekat kanal” ungkapnya, Ahad (29/5/2022) pagi.

Lebih lanjut, Iptu AGD Simamora menyampaikan, personil juga memberikan himbauan kepada masyarakat tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar atau memerun.

“Jadi, saat patroli personil kita memberikan imbauan kepada untuk tidak melakukan kegiatan pembukaan lahan dengan cara membakar atau memerun. Ini tentunya salah upaya untuk mencegah terjadinya karhutla,” ujarnya.

Selain itu, sebutnya, personil mengimbau masyarakat, apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek  Rangsang maupun instansi terkait.

“Bila muncul titik api, maka segera lapor kepada pihak terkait. Kemudian, kita harapkan masyarakat setempat untuk melakukan pemadaman secara bersama-sama,” pesannya.

Dari hasil patroli itu, personil Polsek Rangsang dan tim tidak menemukan adanya titik api (hotspot).(Adi/Rls).

Print Friendly, Pdf & Email