GELAR OPERASI ZEBRA KAPUAS 2021, KAPOLRES SINTANG UNGKAP ADA PERBEDAAN

Reporter: Basori Topik: Kalimantan Barat
  • Bagikan
Gelar Operasi Zebra Kapuas 2021, Kapolres Sintang Ungkap Ada Perbedaan

Liputan4.com,Sintang
Pagi ini senin (15/11), Polres Sintang melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Zebra Kapuas 2021.

Adapun Operasi Zebra yang pada umumnya ditujukan sebagai upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dengan pendisiplinan terhadap para pengendara, dimana agak berbeda pada kali ini mengingat situasi di Kabupaten Sintang yang saat ini sedang dilanda bancana banjir.


Hal ini disebutkan oleh Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak, S.I.K, S.H, M.I.K saat memimpin apel gelar pasukan dimana operasi zebra kapuas 2021 di Kabupaten Sintang terdapat sedikit perubahan dengan sedikit pengalihan fungsi kepada operasi kemanusiaan dikarenakan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan.

“Dimulai dari hari ini, kami Polres Sintang tepatnya menggelar Operasi Kepolisian Zebra Kapuas 2021 tetapi dikarenakan kondisi saat ini Kabupaten Sintang sedang dilanda bancana banjir maka dari itu operasi kali ini sedikit kami selingi dengan operasi kemanusiaan sebagai upaya penanggulangan bencana banjir” Ungkap AKBP Ventie.

Dalam operasi ini Polres Sintang sendiri akan mengerahkan setiap personilnya untuk melakukan penjagaan serta pengaturan lalu lintas di sekitar titik-titik kemacetan yang disebabkan oleh luapan air banjir telah merendam sejumlah rute jalan utama sehingga membuat warga kesulitan untuk lewat.

Disamping itu pada Operasi ini anggota di sela-sela pengaturan lalu lintas, anggota juga kerap memberikan himbauan serta melakukan pendisiplinan Protokol Kesehatan kepada setiap pengendara R2, R4 dan para pejalan kaki.

Selain itu pada pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2021 di hari pertama, Polres Sintang melakukan pembagian ratusan masker kepada para pengguna jalan.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 terlebih di titik kumpul masyarakat seperti contohnya yang berada di rute jalan Lintas Melawi dan Tugu BI, dimana masyarakat sendiri cukup banyak mengantri untuk mengikuti tumpangan kendaraan agar dapat melewati banjir.

Tak hanya itu, Kapolres Sintang dalam amanatnya berpesan kepada seluruh personil untuk selalu mengingatkan warga khususnya para penumpang truck ataupun tronton yang digunakan sebagai sarana untuk melewati banjir agar tetap berhati-hati serta selalu memperhatikan keselamatan.

“Untuk seluruh anggota, pastikan setiap masyarakat selalu memperhatikan keselamatan saat mengikuti tumpangan truck ataupun tronton dan yang terpenting untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ingatkan warga agar tetap menerapkan Protokol Kesehatan terutama penggunaan masker” Ujarnya.

Diakhir Kapolres Sintang juga mengingatkan para pengendara untuk tidak memarkirkan kendaraannya di tempat-tempat uang sekiranya menghalangi arus lalu lintas serta tetap memperhatian kendaraan yang diparkirkan untuk menghindari kejadian tak diinginkan.
Wartawan Basori

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan