Gebyar HUT RI Ke-77 Masyarakat Desa Pematang Baru di Hibur Pertunjukan Kesenian Kuda Lumping Milik Desa

Gebyar Hut Ri Ke-77 Masyarakat Desa Pematang Baru Di Hibur Pertunjukan Kesenian Kuda Lumping Milik Desa

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatan

Semarak HUT RI ke-77 Pemerintah Desa Pematang Baru Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan, menghibur warganya dengan pertunjukan kuda lumping, Rabu, (17/08/2022).


Pertunjukan kuda lumping yang di gelar di lapangan volly desa begitu menghibur masyarakat desa pematang baru, terlihat saat pertunjukan kuda lumping di mulai ratusan warga berbondong-bondong menyaksikan pertunjukan kuda lampung.

“Kesenian kuda lamping Lalang Buana
asli milik masyarakat pematang baru sengaja di mainkan untuk mengisi semarak HUT RI yang ke-77, sekaligus untuk menghibur masyarakat,” tutur PJ. Pematang Baru Muslim Idrus

Menurut PJ, hampir Dua tahun semenjak virus covid-19, semarak HUT RI tidak bisa di rayakan semeriah ini, selain itu pertunjukan kuda lumping sekaligus untuk mengenalkan bahwa di desa pematang baru ada kesenian kuda Lumping Lalang Buana asli kesenian tradisional milik Desa pematang baru.

Dia juga mengharapkan kepada paguyupan kuda lumping lalang buana untuk terus di lestarika agar kedepannya anak-anak desa pematang baru bisa melanjutkan panguyupan lalang buana.

Bahkan pada gebyar UMKM yang akan di laksanakan pemerintah kecamatan palas Paguyupan Lalang Buana akan di tampilkan untuk mengisi kesenian di Stan UMKM desa pematang baru.

“Kesenian Lalang Buana nanti kita tampilkan di Gebyar UMKM di Kecamatan supaya bisa menghibur para pengunjung dan bisa menarik peminat UMKM desa kita.” ucap dia

Selain pertunjukan kuda lamping pemdes juga telah mengadakan berbagai jenis perlombaan demi semaraknya HUT RI ke-77 tahun di 2022.