PPDB KOTA MEDAN 2022

Forkopimka Pakong Semprotkan Disinfektan ke Pasar Hewan Cegah PMK

Forkopimka Pakong Semprotkan Disinfektan Ke Pasar Hewan Cegah Pmk

Liputan4.com, Pamekasan – Sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Jawa timur, Sekcam Pakong, Rifki, SH, Polsek Pakong AKP H. Sutiyono SH dan Koramil Pakong Serma Andi yang merupakan Babinsa Pakong terjun langsung melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pasar hewan kecamatan Pakong

Selain penyemprotan, Forkopimka pakong juga mengecek kebutuhan bahan pokok dan harga salah satunya terhadap minyak goreng disejumlah toko yang ada di pasar Pakong.


Camat Pakong Melalui Rifki, SH Sekcam kecamatan Pakong, mengatakan,  Ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran PMK di kabupaten Pamekasan khususnya di Kecamatan Pakong, sehingga masyarakat nyaman dan tidak was-was.

“Penyemprotan ke pasar hewan merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan dengan wabah penyakit mulut dan kuku,” kata Rifki sambil Membawa alat penyemprot, Minggu, (12/06/2022).

“Untuk meminimalisir penyebaran PMK, peran aktif masyarakat juga sangat diperlukan, terutama para pemilik ternak. Laporkan kepada petugas apabila terdapat ternak yang terinfeksi, agar dapat segera diambil langkah tepat untuk mengatasinya,” kata dia.

Lebih lanjut Rifki, menyampaikan, Penyemprotan dilakukan saat mobil pembawa ternak masuk pasar untuk mencegah penularan PMK.

“Diharapkan para pedagang berhati-hati dengan sapi atau Kambing yang dari luar daerah,” tutupnya.

Sementara Polres Pamekasan melalui AKP H.Sutiyono SH Polsek Pakong, Kegiatan penyekatan, Penyemprotan dan himbauan kepada warga akan terus dilakukan oleh Polres Pamekasan dan instansi terkait

“Kami berharap PMK yang sudah mewabah di wilayah kota / kabupaten lain, tidak sampai masuk wilayah Pedagang sehingga tidak memberikan dampak yang besar bagi pedagang dan warga peternak, ” ucap Kapolsek Pakong yang didampingi Waka Polsek Pakong Ipda Gunarto.

Ditempat yang sama, Babinsa 0826-09 Pakong Serma Andi, mengatakan, bahwa selain sebagai wujud pelaksanaan tugas pembinaan wilayah, ikut sertanya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat.

“Selain tugas pokok kami sebagai bagian dari aparatur kewilayahan, ini juga sebagai bentuk kepedulian TNI untuk membantu kesulitan masyarakat di wilayah,” ujarnya.

Print Friendly, Pdf & Email