FKDM Kalsel Gelar Rakor Jelang Pilkada 2020.

  • Bagikan
FKDM Kalsel Gelar Rakor Jelang Pilkada 2020.

Liputan4com, Banjarmasin-Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kalimantan Selatan,  melaksanakan rapat koordinasi di Hotel Batung Batulis

FKDM Kalsel Gelar Rakor Jelang Pilkada 2020.
Ketua FKDM Kalsel Bayu Budjang, saat diwawancara awak media

Banjarmasin mulai Rabu (4/11) hingga Kamis (5/11).

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kalimantan Selatan Bayu Budjang kepada wartawan, usai acara pembukaan di hari pertama, Rabu sore (4/11) mengatakan, kegiatan rapat koordinasi ini, dimaksudkan agar semakin bersinergi antar rukun tetangga (RT), tokoh agama, tokoh masyarakat dan relawan, karena sebentar lagi akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020, baik Gubernur, Walikota dan Bupati serta Wakilnya masing masing. Selain itu juga bertujuan menyamakan persepsi antar FKDM di tingkat provinsi, dengan FKDM kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

“Kami ingin lebih diperkuat lagi jalinan komunikasi mewujudkan persatuan dan kesatuan, mengantisipasi berbagai macam isu diantaranya muncul berita hoax,”ucapnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Kesatuan Bangsa Politik Provinsi Kalimantan Selatan Agus Prabowo menyampaikan, rapat koordinasi ini sangatlah tepat dilaksanakan, karena sebentar lagi, akan dihelat acara Akbar yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, dengan demikian melalui tema Sinergitas Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), maka akan mampu mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), agar tercipta suasana kondusif melalui adaptasi kebiasaan baru, kewaspadaan dan deteksi dini.

“Sinergitas bersama yaitu mulai sekarang deteksi dini terhadap segala macam potensi mulai dari ancaman, tantangan, dan hambatan, mengingat pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 ini disaat masih pandemi COVID-19,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Kalimantan Selatan Brigjen Pol Winarto menyampaikan, sinergitas dalam persiapan pelaksanaan pilkada melibatkan seluruh lapisan masyarakat, maka perlu diantisipasi terhadap ancaman yang mungkin saja terjadi pada pelaksanaannya. Karena ada beberapa kerawananan yang perlu dicermati, mulai dari kampanye hitam, money politik, netralitas Aparatur Sipil Negara, dan penerapan protokol kesehatan, baik pasangan calon pendukung maupun penyelenggara pilkada.

Rasa aman dan nyaman, tidak hanya tugas Pemerintah daerah dan aparat keamanan, namun perlu peran serta saling bersinergitas dari semua pihak,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rapat Koordinasi FKDM se-Kalsel ini diikuti perwakilan anggota FKDM dan Kesbangpol dari 13 Kabupaten dan Kota, dengan menghadirkan narasumber Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan Sarmuji. 

Liputan4com

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

67
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0