Fattah Jasin : Bumdes Harus dikelola Secara Profesional untuk Dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Fattah Jasin : Bumdes Harus Dikelola Secara Profesional Untuk Dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

Liputan4.com, Pamekasan- Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Fattah Jasin memberikan pengarahan kepada para kepala desa (kades) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang profesional. Rabu (15/6/2022).

Dalam kesempatan tersebut Wabup Pamekasan Fattah Jasin mengatakan Bumdes itu harus dikelola profesional, karena Bumdes merupakan cikal bakal yang dapat mengangkat ekonomi masyarakat di sebuah wilayah menjadi baik ketika urusan BUMDes profesional dan berbadan hukum.


Menurutnya, BUMDes harus berbadan hukum biar bisa bekerja sama dengan yang lain, jadi banyak hal, kepala desa jangan merasa kuat sendiri, kerja sama dengan BPD, itu DPR-nya. Pak Kades harus minta arahan juga kira-kira program apa yang baik.

Kepala desa harus bersinergi dengan badan permusyawaratan desa (BPD) dalam merumuskan program desa, pengambilan kebijakan tidak dilakukan sepihak, termasuk dalam membentuk BUMDes.

Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam memiliki iktikad kuat membangun ekonomi dari bawah berkeadilan, seperti program wirausaha baru (WUB) dengan strategi desa tematik.

Pemerintah Desa diharapkan mampu menggali potensi desa untuk kesejahteraan masyarakatnya, sebagian desa telah menasbihkan diri menjadi desa yang bertema, seperti desa wisata, desa UMKM, desa pertanian, serta desa dengan tema lainnya.

Mas Tamam berharap, potensi suatu desa menjadi kekuatan ekonomi di tingkat desa. Sehingga cita-cita Pamekasan Hebat, Rajja, Bajra tor parjuge tercapai sesuai harapan bersama.

“Kalau kayak gitu sejahtera, cita-cita pak bupati sudah tercapai untuk mewujudkan masyarakat Pamekasan yang sejahtera dari bawah. Kalau BUMDes tidak berbadan hukum, maka usahanya harus PT, bisa koperasi juga,” pungkasnya.

Print Friendly, Pdf & Email