LIPUTAN4.COM
Berita Online Indonesia, Berita Harian, Kabar Terbaru Terkini. Situs Berita Terpercaya dari Politik, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis, Kriminal dan Teknologi

Fangosarada Halawa sebagai PNS Kembalikan BST dan 4 orang KPM BST kembalikan BLT-DD

0 6

Fangosarada Halawa sebagai PNS Kembalikan BST dan 4 orang KPM BST kembalikan BLT-DD

NISEL- LIPUTAN4.COM, Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos), Fangosarada Halawa, Pekerjaan PNS, warga Dusun I RT 002/RW 001 Desa Hilifalawu, Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan memilih mengembalikan bantuan untuk dialihkan ke warga kurang mampu yang belum tercover BST.

Fangosarada Halawa mengatakan, dirinya salah satu kepala keluarga (KK) yang pekerjaannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas sebagai Sekretaris Desa Hilizoliga Kecamatan Huruna telah terdaftar sebagai penerima BST Kemensos melalui Kantor Pos.

Kemudian dengan sadar, BST yang diterimanya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Pemerintah Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna.

“Saya kurang tahu, kenapa sampai terdaftar sebagai Penerima BST dari Kemensos, padahal saya salah seorang KK yang berprofesi sebagai PNS, makanya saya kasihkan kepada orang yang benar-benar membutuhkan saja,” tutur Fangosarada Halawa kepada Kepala Desa yang didampingi oleh BPD dan Perangkat Desa Hilifalawu, seusai penandatanganan berita acara pengembalian BST di Kantor Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna, Jum’at (10/07/2020).

Lebih lanjut Fangosarada Halawa mengungkapkan, alasan pengembalian BST karena yang bersangkutan merasa tidak layak menerimanya, sehingga bantuan dialihkan untuk diberikan ke warga lain yang lebih membutuhkan.

Saya diberi amanah disuruh mengambil BST pak Kades, sekaligus mengembalikannya di kantor desa. Selanjutnya BST dialihkan ke yang lain, setelah berkoordinasi dengan Pemdesa,” ujarnya.

Kepala Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna, Asalmar Petrus Halawa, mengapresiasi langkah warganya yang berinisiatif mengembalikan jatahnya yang tidak layak diterimanya untuk dialihkan ke warga kurang mampu yang belum tercover BST. Diharapkan menjadi inspirasi warga lainnya. Di Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna, total penerima BST ada sebanyak 2 KK melalui rekening bank dan 10 KK melalui Kantor Pos.

Sementara yang mengembalikan baru 1 KK. Penyerahan dari yang menyerahkan kita berita acara-kan. Setelah itu kita koordinasi dengan BPD dan Relawan Covid-19 untuk mencari warga kurang mampu yang layak menerima. Selanjutnya nanti kita berita acara-kan lagi untuk penyerahannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna Asalmar Petrus Halawa menjelaskan bahwa selain keluarga PNS yang mengembalikan dana BST, ada 4 KPM BST yang telah mengembalikan BLT-DD yang telah menerima sebelumnya karena lebih memilih menerima BST dari Kemensos daripada BLT-DD.

Adapun nama-nama KPM BST yang telah mengembalikan BLT-DD yaitu :
1. Foarota Halawa
2. Faogomano Giawa
3. Labarius Halawa dan
4. Sumaaro Halawa

Sementara penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) baru beberapa Keluarga yang telah memulai mengembalikan BLT-DD yang telah diterima sebelumnya.

Dalam hal itu Kepala Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna Asalmar Petrus Halawa mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Hilifalawu yang memilih Bansos dari Kementrian atau Pusat karena cukup membantu keuangan Desa dalam mendukung program lain di Desa Hilifalawu Kecamatan Huruna Kabupaten Nias Selatan.

(Tim Liputan)

Dapatkan pembaruan waktu nyata langsung di perangkat Anda, berlangganan sekarang.

amr_maluku_utara
Loading...

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda setuju dengan ini, tetapi Anda dapat menyisih jika mau. Terima Baca selanjutnya