PPDB KOTA MEDAN 2022

Evaluasi Hari Pertama Penerapan SO5, Ada Keterlambatan KRL

Evaluasi Hari Pertama Penerapan So5, Ada Keterlambatan Krl

JAKARTA, Liputan4.com | Evaluasi hari pertama perubahan rute perjalanan kereta atau switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai kemarin, terjadi keterlambatan kereta rel listrik (KRL) sehingga berdampak terhadap jadwal yang sudah ditetapkan.

KAI Commuter selaku operator KRL Jabodetabek menjelaskan, keterlambatan terjadi karena setelah penerapan SO5 kecepatan masuk dan keluar Stasiun Manggarai dibatasi hanya 20 km per jam.


Kecepatan masuk dan keluar dari jalur 1, 3, dan 6 di Stasiun Manggarai dibatasi hanya 20 km per jam, sampai memastikan keselamatan dalam menjalankan operasional KRL,” kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, seperti yang dikutip dalam akun Instagram KRLmania pada Minggu (29/5/2022).

Menurutnya, kecepatan keluar masuk KRL di Stasiun Manggarai akan ditingkatkan sampai semua dapat berjalan secara optimal.

Dia menambahkan, saat terjadi perubahan kebiasaan, butuh waktu beradaptasi. “Saya optimistis, penerapan SO5 Manggarai selama 14 hari kedepan kita bisa beradaptasi,” imbuhnya.

Kegiatan SO5 sejak Sabtu, 28 Mei 2022 lalu, pengguna lintas Bogor akan berhenti di jalur layang di lantai 3 Stasiun Manggarai yakni peron 11, 12, dan 13. Sebelum diberlakukan SO5, para pengguna KRL bisa langsung menuju Angke. Namun, dengan SO5 ini harus transit ke jalur lintas Bekasi di lantai 1.

Sebaliknya, pengguna jalur Bekasi harus pindah ke lantai 3 dari lantai 1 apabila ingin berpindah jalur lintasan.

Jalur lintas Bogor-Nambo hanya menuju Stasiun Jakarta Kota. Sedangkan, lintas Bekasi/Cikarang jalurnya akan memutari stasiun-stasiun di Jakarta dari dua arah (pola A dan B) yang disebut full racket loop. (Rute pola A: Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Manggarai-Kampung Bandan–Pasarsenen–Jatinegara–Bekasi/Cikarang. Sedangkan. rute pola B memutari dari arah sebaliknya yaitu dari Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Pasarsenen-Kampung Bandan–Manggarai–Jatinegara–Bekasi/Cikarang.
Ditambah, satu rute lagi yang hanya setengah memutar (half racket loop) yaitu dari Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Manggarai-Tanah Abang-Angke (PP).

(Tim)

Print Friendly, Pdf & Email