PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Emas Hantaran, Alias “Antar Bio” Tradisi Dusun Bangko

Pewarta: Abu Hakim Topik: Jambi
  • Bagikan
Emas Hantaran, Alias "Antar Bio" Tradisi Dusun Bangko

Liputan4.com – Merangin, Setiap negara punya tradisi pernikahan masing-masing. Tak terkecuali di Indonesia. Dengan banyaknya suku yang ada, tradisi pernikahan di negara kepulauan ini juga beragam. Tak jarang, bisa membuat Anda mengernyitkan dahi. Meski ada yang berharga fantastis, namun tradisi dan budaya pernikahan di Indonesia yang unik, patut diacungi jempol lho.

Dusun Bangko tepatnya Bangko Rendah RT. 11, Acara hantaran Belanja yang biasa disebut bahasa adat Dusun Bangko disini ya itu ( Antar bio ), yang mana dalam kesempatan ini acara dirumah calon pengantin wanita sebut saja Martina Wati yang hari ini didatangi oleh pihak calon laki – laki, Dalam rangka menghantarkan belanja berupa alat perlengkapan masak, kamar dan sebagainya.

Yang paling uniknya, hantaran belanja hari ini dimulai dari rumah calon laki – laki menuju rumah calon wanita, berjalan kaki sambil membawa seperangkat hantaran bekal pernikahan nanti, yang lebih seru lagi para pengantar pihak laki – laki berjalan kaki diiringi dengan lagu qasidah denga alat music tradisional seperti kompangan hingga sampai kerumah calon wanita

Syargawi Husin saat dijumpai pada acara tersebut mengatakan adat seperti ini wajib teruskan dan kita jaga serta dilestarikan hingga anak cucu nanti, karna tradisi ini adalah peninggalan dari orang – orang tua yang telah mendahului kita ujarnya

Tidak hanya itu, tradisi seperti ini juga langka dan hanya dimiliki oleh beberapa daerah, dikarenakan beda daerah tentu beda pula cara adat dan tradisinya sambil tersenyum. Dan kedepan kita akan sosialisasikan terkait adat dalam Kelurahan Dusun Bangko khususnya. Tambahnya(28-07-2021)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan