Eks Penyidik KPK Harun Al Rasyid Bikin Persiapan Khusus Seleksi Hakim Agung

Eks Penyidik Kpk Harun Al Rasyid Bikin Persiapan Khusus Seleksi Hakim Agung

JAKARTA, Liputan4.com | Mantan penyelidik Komisi Pemberantasan Korupsi Harun Al Rasyid mengatakan harus melakukan persiapan khusus untuk menghadapi seleksi lanjutan calon Hakim Agung di Mahkamah Agung.

Dia mengatakan persiapan khusus itu menyangkut pengetahuan mengenai hukum. “Perlu persiapan khusus karena tesnya menyangkut substansi dan materi pengetahuan hukum, utamanya dalam pembuatan makalah,” kata Harun lewat pesan teks, Kamis, 30 Desember 2021.
Harun mengatakan akan mempelajari kembali semua doktrin, teori dan prinsip hukum yang berlaku di Indonesia. Baik itu prinsip umum, maupun prinsip khusus dalam hukum pidana.


Sebelumnya, Komisi Yudisial mengumumkan 53 nama calon hakim agung kamar pidana yang lolos dalam seleksi administrasi. Harun masuk dalam salah satu nama calon tersebut. Mantan Kepala Satuan Tugas Penyelidikan KPK itu dikenal sebagai Raja Operasi Tangkap Tangan, kegiatan yang selama tahun 2021 ini hanya 6 kali dilakukan oleh komisi antirasuah.

Kinerja bagus Harun harus berhenti tatkala KPK melakukan Tes Wawasan Kebangsaan. Dalam tes yang mengandung cacat administrasi dan pelanggaran HAM itu, Harun dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk dilantik menjadi aparatur sipil negara. Harun, bersama Novel Baswedan dkk resmi dipecat pada 30 September 2021. Setelah dipecat, kini Harun menjadi ASN di Kepolisian RI.

Setelah lolos tes administrasi calon hakim agung, Harun Al Rasyid akan mengikuti tes lanjutan yaitu seleksi kualitas. Tes akan dilakukan pada 10 sampai 12 Januari 2021. Dalam seleksi kualitas, calon hakim harus menyerahkan karya profesi dan surat rekomendasi dari tiga orang yang mengetahui rekam jejak calon.

(Frd)

Print Friendly, Pdf & Email