Dra Hj Nurliani Dardie M.AP : Dua Hari Berturut-turut Kak Bimo Akan Isi Acara di Dispersip Palnam

Dra Hj Nurliani Dardie M.ap : Dua Hari Berturut-Turut Kak Bimo Akan Isi Acara Di Dispersip Palnam

Liputan4.com, Banjarmasin – Ditengah Negara Maju yang serius memperhatikan, pembentukan karakter positip pada generasi belia Bangsa, mereka selalu menjadikan kegiatan STORY Telling sebagian budaya yang di konservasi serta di kembangkan lebih luas lagi.

Hal ini berdasarkan pada teori dari Dr David MC lelland yang mengemukakan nasib suatu bangsa dapat di prediksi dua puluh tahun ke depan berdasarkan cerita yang berkembang saat ini.


Hal ini sangat beralasan, selain banyak mampaat dari tradisi ini Story telling juga mampu menjadi Media yang mempengaruhi Secara kuat dan dramatis terhadap kecintaan dan kemampuan anak pada dunia literasi maka sebagai salah satu upaya mewujudkan generasi unggul tersebut, Disperinsip kalimantan selatan untuk kesekian kalinya kembali menggandeng salah seorang maestro dan coach Story telling Nasional yang sudah meng internasional yaitu Kak Bimo dari yogyakarta, untuk memberikan coaching dan peneguhan mental pembelajaran bagi guru dan anak anak dalam dua kegiatan hebat ini.

Pada saat coaching nanti kak Bimo akan membagikan tehnik skenario penceritaan berbasis kretivitas, dalam Story Telling para peserta akan di bimbing untuk mampu menyusun Skenario penceritaan yang apik serta menggugah jiwa mereka.

Ada beberapa template yang akan di latihan pada setiap tahun agar setiap pengetahuan dan nilai dalam cerita dapat merasuk ke batin anak-anak.

Adapun peserta coaching nanti terdiri Ibu-ibu dari perwakilan organisasi seperti TPA PKK provinsi kalsel DPW kalsel. Gatriwara, IGTKI, guru guru PAUD dan SD para orang tua pendongeng Banua dan lain-lain, sedangkan pada acara pal enam berdongeng, kak Bimo akan mengajak anak-anaknya kota banjarmasin dan sekitarnya, untuk berenang di lautan imajinasi,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Kalimantan Selatan Dra. Hj Nurliani Dardie M.AP

Dan kemudian menemukan mutiara ilmu dari dalam dongeng yang di tuturkan nya dengan puluhan ragan suara yang khas dari sang pendongeng, yang kreatif dan humonis

“Sudah banyak peserta yang mendaftar namun kita batasi guna menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Kalimantan Selatan Dra. Hj Nurliani Dardie, M.AP mengatan Acara akan berlangsung Dua hari tanggal 16/112021 pagi acara Sosialisasi yang bertema, “UU no 13 tahun 2018 tentang serah Terima karya cetat dan karya rekam”

Selanjutnya nya pada siang harinya acara Coaching Story telling bersama kak Bimo.

“Terus Besok hari nya tanggal 17/11/2021 akan ada acara Nopember ceria palnam yang juga akan di pandu oleh kak Bimo,” tutup Dra.Hj. Nurliani, M.AP.

Di perkirakan sudah 100 orang peserta yang sudah  hadir dari Kabupaten/ kota dan tersebar di beberapa hotel yang ada di Banjarmasin dan beliau berharap acaranya akan berjalan dengan lancar dan sukses.(Nd/L4)