DPP LM2R Taja LDK, Eks Gubernur dan Wapresma UIN Suska Riau Turut Jadi Pemateri

IMG 20201024 WA0004 scaled

LIPUTAN4.COM] MERANTI – Latihan dasar kepemimpinan (LDK) bagi mahasiswa Meranti yang dilaksanakan oleh Laskar Muda Melayu Riau (LM2R) menghadirkan pembicara eks Gubernur mahasiswa Fakultas Syariah dan ilmu hukum UIN Suska Riau Dasuki,SH.

Pria yang juga sehari-hari akrab dipanggil coki ini diketahui sewaktu menjadi mahasiswa juga pernah menjabat wakil presiden mahasiswa. Tak hanya itu saat moderator menyampaikan biodata pemateri ternyata diketahui bahwa Dasuki,SH memiliki segudang pengalaman organisasi.

Edi Candra mantan sekjen Ikatan pelajar mahasiswa kabupaten kepulauan Meranti (IPMK2M) Pekanbaru saat menjadi moderator acara mengawali materi menyampaikan biodata pemateri.

“Alhamdulilah hari ini kita dihadiri Pemateri yang luar biasa pengalaman organisasi nya dimulai dari menjadi ketua remaja masjid Al-Munawwar didesa mengkirau saat menginjak usia sekolah MTS, kemudian masuk ke SMA Negeri 1 Merbau menjadi Ketua OSIS dan Rohis juga terlibat ikut paskibraka, tamat dari SMA Negeri 1 Merbau melanjutkan kuliah di kampus UIN Suska Riau. Mengambil jurusan ilmu hukum konsentrasi hukum tatanegara dijurusan menjadi Bupati mahasiswa kemudian menjadi ketua rohis FK-Massya, menjadi Gubernur mahasiswa Fakultas Syariah dan ilmu hukum, Menjadi Wakil presiden mahasiswa. Sementara dieksternal kampus beliau pernah menjadi ketua organisasi ikatan pelajar mahasiswa mengkirau (IPMM) Pekanbaru, Ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Merbau (HIPMAM), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau. Ipmk2m pekanbaru, pernah menjadi Tim Debat Hukum UIN Suska Riau yang mengikuti lomba sampai di Kampus Universitas Indonesia (UI), ikut menjadi Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (Ismahi) wilayah sumbateng. Dan tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia(BEM SI) “Terang Edi Candra moderator Materi Manajemen organisasi disambut tepukan gemuruh dari peserta pelatihan.

Saat menyampaikan materi tentang manajemen organisasi. Didepan para peserta latihan dasar kepemimpinan (LDK) yang ditaja oleh LM2R. Dasuki memaparkan peran penting fungsi dan tugas saat menjadi mahasiswa. Setidaknya mahasiswa harus menjadi Agent of change yakni menjadi mahasiswa yang siap membawa perubahan kearah yang lebih baik, Agent of social control yakni siap menjadi pengontrol sosial, dan Iron stock mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan. Juga memberikan motivasi kepada mahasiswa agar tetap semangat membaca buku dan melek informasi, kemudian rajin berdiskusi untuk mengolah mindset nalar berpikir kritis dan juga rajin menulis. Tidak hanya itu, mahasiswa dituntut untuk bergabung dengan organisasi agar memiliki relasi dan mengasah kemampuan dalam memimpin dan dipimpin namun jangan sampai lupa menjadi sarjana dengan cepat menyelesaikan studinya di kampus. 

Dihadiri oleh puluhan mahasiswa Meranti yang didominasi oleh mahasiswa kuliah dikampus AMIK selatpanjang juga STAI Nurul hidayah namun juga ada mahasiswa berasal dari Meranti yang kuliah dikampus luar Meranti seperti Pekanbaru, kampar, Medan bahkan Jakarta ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Jefrizal ketua Laskar muda Melayu Riau (LM2R) saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan latihan kepemimpinan dasar yang ditaja olehnya itu memiliki maksud dan tujuan yang baik.

“Alhamdulilah kita melakukan agenda kegiatan pelatihan ini untuk mahasiswa Meranti agar kedepannya menjadi mahasiswa yang kritis, memiliki inovasi kreativitas yang produktif, juga siap menghadapi tantangan agar sukses dalam memimpin negeri dimasa depan” terang Jefrizal ketua LM2R.

Salah satu peserta yang mengikuti pemaparan materi manajeman organisasi dari Dasuki,SH merasakan puas.

“Alhamdulilah kami mewakili peserta ini. Mendapatkan semangat motivasi dan ilmu baru tentang manajemen organisasi yakni seni mengelola organisasi dengan baik, ada perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, mengontrol dan kemudian mengevaluasi juga mendapat informasi sejarah panjang tentang kemahasiswaan. Tak terasa waktu berlalu cepat sementara kami asyik menikmati setiap kalimat yang disampaikan oleh pemateri. Memang luar biasa. Saya sendiri jarang mendapatkan pemateri yang penuh talenta dalam menyampaikan ide dan gagasannya. Bisa serius juga humoris sehingga kami menikmati ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh pak coki.”Terang Rudi salah satu peserta.

“Saya tahunya beliau ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Meranti dan Pendiri juga Ketua Pertama Komunikasi Gemar berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti dipekanbaru yang sering mengadakan baksos dimasyarakat pedalaman Meranti, ternyata beliau masih banyak aktivitas lainnya saat pasca kampus yang sudah banyak menebar kebaikan” imbuhnya.

Terlihat antusias mahasiswa mengikuti acara. Saat penyampaian materi usai dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan foto bersama.

Peserta pelatihan direncanakan akan mengikuti acara sampai hari Minggu tanggal 25 Oktober 2020 mendatang dengan menginap di pondok durian Bupati Meranti desa alai kecamatan tebing tinggi barat. (rls/kz).

Print Friendly, PDF & Email
KONTEN SPONSOR

Leave a Reply