PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

DPD Pemuda Islam Kalsel Gelar Syukuran Kemenangan BirinMU Sekaligus Semarakkan 10 Muharram 1443 H

Pewarta: Tornado Topik: Ekonomi & Bisnis, Kalimantan Selatan
  • Bagikan
DPD Pemuda Islam Kalsel Gelar Syukuran Kemenangan BirinMU Sekaligus Semarakkan 10 Muharram 1443 H

Bertepatan Kemenangan BirinMU, DPD Pemuda Islam Kalsel Gelar Syukuran dan Doa Bersama, Sekaligus Semarakkan 10 Muharram 1443 H

Liputan4.com, Banjarmasin – Suksesnya perhelatan demokrasi dalam Pilgub Kalsel beberapa bulan yang lalu dimenangkan Pasangan Sahbirin-Muhidin

Sebagai wujud rasa syukur dan bertepatan dengan menyemarakkan Peringatan 10 Muharram 1443 H, DPD Pemuda Islam Kalsel, Kerakatan Warga Masyarakat Banjar, bersama Pimpinan LSM-OKP- Ormas Kalimantan Selatan mengadakan pembuatan bubur Asyura sekaligus menggelar syukuran atas terpilihnya Sahbirin-Muhidin sebagai Gubernur dan Wakil Gubenur Kalsel terpilih periode 2020-2024, yang di pusatkan di rumah kediaman Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Islam Kalimantan Selatan (Kalsel), Haji Muhammad Hasan, Selasa (19/8) sore.

Seperti diketahui, pembuatan bubur Asyura sendiri menjadi tradisi warga Kalimantan Selatan (Kalsel), tak terkecuali di Banjarmasin untuk menyambut Tahun Baru Islam 2021.

Dalam syukuran itu turut juga dihadiri Matnor Ali F, SE, Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Banjarmasin, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Ahmad Sawiti S.Ag, M.HI, Abdurahman Ketua LSM Gerakan Rakyat Asli Kalimantan dan pimpinan LSM dan OKP-Ormas Kalimantan Selatan.

Doa bersama yang pertama di pimpin oleh HM Hasan, Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel, dan untuk doa kedua oleh H Ahmad Sawiti S.Ag, M.HI.

Tradisi membuat bubur asyura merupakan kegiatan rutin masyarakat Kota Banjarmasin sejak dahulu sampai sekarang. Oleh karena itulah momen 10 muharam ini juga dimanfaatkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Islam Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memuliakan anak yatim, dengan membagikan bubur asyura dan memberikan tali asih di sekretariat DPD Pemuda Islam Kalsel, Jalan Pangeran Antasari Gang Hasanuddin.

Adapun bahan yang harus disiapkan dalam membuat bubur asyura, adalah beras dan 41 macam bahan campuran yang berasal dari umbi-umbian, sayuran, kacang-kacangan, dan setelah matang langsung dibagikan kepada warga.

Biasanya bubur asyura akan disajikan untuk hidangan berbuka puasa sunah hari asyura.

“Kami merasa bersyukur sekali, tahun ini Pemuda Islam Kalsel dapat kembali melaksanakan pembagian bubur asyura, sekaligus berbagi kepada anak yatim,” ungkap HM Hasan, Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel kepada Liputan 4.com,

DPD Pemuda Islam Kalsel Gelar Syukuran Kemenangan BirinMU Sekaligus Semarakkan 10 Muharram 1443 H

seusai pembagian bubur asyura, Kamis (19/08/2021) sore.

Lebih lanjut HM.Hasan menjelaskan, kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin tahunan Pemuda Islam dalam memeriahkan hari rayanya anak yatim, dan untuk kegiatan kali ini ia menyediakan sekitar 30 kawah bubur asyura, untuk penyediaan 1500 porsi bagi warga sekitar.

“Syukur Alhamdulillah di tahun ini kami kembali bisa melaksanakan pembagian bubur Asyura, sekaligus berbagi dengan anak yatim,” ujar HM.Hasan.

Ia berharap lewat kegiatan ini, semua yang terlibat bisa mendapat keberkahan dari Allah Swt., termasuk dipanjangkan umur, untuk kembali melaksanakan peringatan hari asyura di tahun depan.

“Mudah-mudahan kita semua dihindarkan dari marabahaya, disehatkan badan dan dijauhkan dari bala bencana,” harap HM Hasan.

Hasan juga mengingatkan semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama merayakan hari Asyura dan “Tetap memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan menjaga kebersihan lingkungan tempat pelaksanaan acara,” tutupnya.

Melalui kegiatan berbagi bubur Asyura bersama anak yatim piatu itu, Hasan pun berharap masyarakat Kalsel terhindar dari bala bencana, tidak terkecuali pandemi Covid-19.

“Sesuai janji Allah, bagi siapapun yang memakan bubur Asyura pada hari ini, insya Allah usianya akan dipanjangkan. Selain itu dijauhkan dari segala penyakit terutama pandemi covid 19,” pungkas HM Hasan. (Nd/L4)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan