Dorong Calon Penangkar Produksi Benih Karet Unggul, Bersertifikat dan Berlabel

Dorong Calon Penangkar Produksi Benih Karet Unggul, Bersertifikat Dan Berlabel

Liputan4.com, Tanah laut – Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan (BPSBP) Provinsi Kalimantan Selatan menjadi narasumber pada pelatihan penangkaran benih tanaman karet di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Kamis (18/11/2021)

Acara diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut kali ini diikuti oleh peserta dari perwakilan kelompok tani di Kecamatan Pelaihari.


Dorong Calon Penangkar Produksi Benih Karet Unggul, Bersertifikat Dan Berlabel

Saidillah selaku Kepala BPP Kecamatan Pelaihari mengharapkan dengan adanya pelatihan perbenihan karet ini dapat melahirkan kader-kader calon penangkar benih karet unggul, bersertifikat dan berlabel di wilayah Kecamatan Pelaihari.

Nurul Azizah Rahmatillah, salah seorang Pengawas Benih Tanaman dari BPSBP menyampaikan bahwa tugas kami dari balai adalah melakukan pengawasan peredaran benih dan sertifikasi benih perkebunan sehingga dapat melindungi petani pengguna benih perkebunan dari benih yang tidak bermutu,tidak bersertifikat dan tidak berlabel, yang dapat merugikan petani.

Penyiapan batang bawah dan okulasi karet disampaikan oleh narasumber Mashudi sedangkan Manajemen kebun entres karet disampailkan oleh narasumber Latif Nur Effendi.

Antusiasme peserta sangat tinggi terhadap materi yang disampaikan terbukti dengan banyaknya peserta yang aktif bertanya saat sesi diskusi. (NdL4/Disbunnak)