Disbunnak Kalsel Paparkan Capaian Kinerja pada Rapat LKPJ

Disbunnak Kalsel Paparkan Capaian Kinerja Pada Rapat Lkpj

 

Banjarmasin-Liputan 4.com.Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan, hadiri Rapat Pansus Pembahasan LKPj Bidang ekonomi dan Keuangan yang diselenggarakan oleh DPRD Provinsi Kalimantan Selatan. Rabu (06/04/22) lalu.

Rapat yang dibuka langsung oleh Ketua Komisi II atau Ketua Pansus 2 ini dihadiri oleh kepala SKPD mitra Komisi 2 untuk tahap pertama ini meliputi Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Perikanan dan Kelautan, Plt.Kadis Kehutanan dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura yang diwakili oleh Sekretaris Dinas.

Pada Rapat ini Kadisbunnak memaparkan hasil Pertanggung jawaban tentang Capaian Kinerja Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov Kalsel pada Tahun 2021.

Kadisbunnak, Drh Hj Suparmi MS, dalam paparannya menjelaskan Realisasi Keuangan Disbunnak Kalsel mencapai angka 81,11% dan 100% untuk fisiknya kemudian Target dan Realisasi Indikator kinerja utama yaitu Angka Produksi Karet mencapai 99,65%, Angka Produksi Kelapa Sawit mencapai 136,99%, dan Angka Produksi Daging mencapai 103,33%. kondisi ini berdampak pada peningkatan Nilai Tukar Pekebun dan Nilai Tukar Peternak.

Adapun langkah-langkah yang telah dilaksanakan oleh Disbunnak untuk mencapai kondisi tersebut adalah Pengembangan Korporasi Petani Berbasis Kawasan Karet, Menyusun Rencana Aksi Daerah Perkebunan Berkelanjutan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021–2024, Percepatan Swasembada Sapi Potong Melalui Integrasi Kelapa Sawit – Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma (SISKA KU INTIP), Peremajaan Sawit Rakyat, Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit Sumber dana BPDPKS Tahun 2021, Peremajaan Karet Rakyat, Optimalisasi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bahan Oleh Karet Berbasis Korporasi Petani, Pendistribusian bantuan itik pada peternak pasca bencana banjir, Pengembangan Ternak Kambing di Provinsi Kalimantan Selatan, Pengendalian Pemotongan Ternak Betina Produktif, Pengawasan terhadap lalu lintas ternak, Pencegahan Penyakit Hewan Menular Strategis, Pengawasan Produksi dan Peredaran Pakan dan Bahan pakan Ternak dan Jaminan Keamanan Pangan yang ASUH.(Irwan L4).