x

Disbunnak Kabupaten Tabalong Lakukan Vaksinasi Hewan Unggas Untuk Mencegah Penyakit Tetelo

waktu baca 1 menit
Kamis, 11 Jan 2024 23:16 0 162 G. IRAWAN

 

TANJUNG – LIPUTAN 4.COM. Dinas Perkebunan dan Peternakan (DisbunNak) Kabupaten Tabalong, melakukan vaksinasi terhadap puluhan ribu ekor unggas untuk mencegah terjangkit penyakit tetelo.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Disbunnak Kabulaten Tabalong, Suwandi menjelaskan, bahwa sasaran pemberian vaksin tetelo tersebut bagi para peternak tradisional yang masuk dalam sektor industri peternakan unggas,” ucap Suwandi.

“Sasaran kita adalah bagi kelompok masyarakat yang memelihara unggas namun tidak melakukan upaya untuk pencegahan,” jelas Suwandi, Kamis (11/01/24).

Suwandi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menangkap dan mengurung unggasnya di dalam kandang dan melakukan bio security pada kandang,” himbaunya.

Termasuk memberikan makanan yang sehat agar ternak unggas tidak mudah terserang penyakit terlebih pada saat ini dengan tingginya curah hujan saat ini,” terangnya.

Menurut dari Data Disbunnak setempat, terdapat sekitar 8 juta populasi unggas baik ayam dan bebek di Kabupaten Tabalong dalam sektor 1, 2, dan 3 yang dikelola sejumlah perusahaan.

“Suwandi menambahkan, bahwa penyakit tetelo tersebut dapat menyebabkan unggas kehilangan nafsu makan, lesu hingga otot-otot gemetar dapat menyebabkan kelumpuhan hingga sampai menyebabkan kematian pada unggas,” tutupnya (ant/Lip 4.Com).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x