"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Dirjen Adwil Kemendagri Minta Pemda, Hingga RT/RW Siaga Banjir dan Longsor

  • Bagikan
Dirjen Adwil Kemendagri Minta Pemda, Hingga RT/RW Siaga Banjir dan Longsor

LIPUTAN4.COM ,JAKARTA, 01-11-2020. Menyusul peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 1 November yang memperkirakan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat serta angin kencang di sejumlah wilayah di Jabodetabek, Direktur Jenderal Pembinaan Wilayah Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, meminta seluruh jajaran pemerintah daerah mulai dari Gubernur, Bupati, Walikota hingga tingkat Kelurahan, RW dan RT siaga banjir dan longsor.

Safrizal ZA meminta agar informasi prakiraan cuaca disampaikan kepada semua Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan diteruskan ke seluruh jajaran Pemda agar warga waspada dan mengambil langkah antisipasi.

“Bagi yang tinggal di bantaran sungai, agar mengikuti info dengan cermat, bila air meluap agar mengungsi sementara,” kata Safrizal ZA dalam keterangan tertulis.

Untuk mengantisipasi kemungkinan pencurian bila rumah ditinggal sementara karena banjir, jajaran Pemda diminta agar menyiapkan tim patrolo gabungan dengan memberdayakan petugas Hansip dan pengamanan lokal.

Menurut peringatan dini cuaca yang dilansir oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini (01/11/2020), hujan lebat terjadi mulai pukul 12:10 WIB hingga pukul 15:00 di wilayah-wilayah Cibungbulang, Rumpin, Jasinga, Parung Panjang, Cigudeg di Kabupaten Bogor dan wilayah Kresek, Gunung Kaler, dan sekitarnya di Kabupaten Tangerang.

Hujan lebat tersebut diperkirakan dapat meluas ke wilayah -wilayah lainnya. Wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat adalah sebagai berikut:

Jakarta Barat ; Kalideres.

Kota Tangerang: Batuceper, Benda, Ciledug, Tangerang, Cibodas, Neglasari, Jatiuwung, Cipondoh, Karawaci, Periuk, Pinang.

Kabupaten Bogor: Sukaraja, Babakan Madang, Sukamakmur, Parung, Gunung Sindur, Kemang, Bojong Gede, Leuwiliang, Ciampea, Pamijahan, Nanggung, Tenjo, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Caringin, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Ciseeng, Ranca Bungur, Sukajaya, Tanjungsari, Tajurhalang, Cigombong, Leuwisadeng, Tenjolaya.

Kabupaten Bekasi: Sukatani, Tambelang, Karang Bahagia, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara.

Kota Bogor: Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara, Tanah Sareal, di Kota Bogor.

Kota Depok: Sawangan, Bojongsari.

Kota Tangsel: Setu, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang.

Kabupaten Tangerang: Jayanti, Tigaraksa, Mauk, Balaraja, Jambe, Cisoka, Kronjo, Sukadiri, Kemiri, Cisauk, Rajeg, Pasar Kemis, Sukamulya, Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Curug, Cikupa, Panongan, Legok, Pagedangan, Kelapa Dua, Sindang Jaya, Solear, Mekar Baru.

Sumber Dirjen Adwil Kemendagri ,Dr. Safrizal ZA. M.Si

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

27
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0