*Dinas Pertanian Jeneponto Uji Hasil Panen Jagung (Ubinan) Varietas NK 212*

Reporter: Basir Hasgas Topik: Serba-Serbi, Sulawesi Selatan
  • Bagikan
*Dinas Pertanian Jeneponto Uji Hasil Panen Jagung (Ubinan) Varietas Nk 212*

Liputan4.Com,Jeneponto_ Dinas Pertanian Kabupaten Jeneponto Melaksanakan Pengambilan Ubinan Jagung oleh Kepala Bidang Penyuluhan bersama Kasie Kelembagaan, para supervisi penyuluh, Koord BPP , PPL, serta para pengurus kelompok tani, 01/09/21.

Lokasi di tentukan yakni di Kelompok tani Anugerah Kelurahan Empoang Selatan Kec. Binamu dan Kelompok Tani Sipitangarri 6 serta Kelompok Tani Abulosibatang Desa Bululoe Kec.Turatea Jeneponto.*Dinas Pertanian Jeneponto Uji Hasil Panen Jagung (Ubinan) Varietas Nk 212*


Pengambilan ubinan merupakan salah satu cara memprediksi jumlah produksi jagung dalam suatu lahan tertentu melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan.

Ubinan adalah luasan yang umumnya berbentuk empat persegi panjang atau bujur sangkar dengan ukuran 2,5 x 2,5 m2. Hasil ubinan ini dijadikan dasar untuk menentukan hasil produksi per hektar, dari pengambilan ubinan dititik pertama pada Poktan Anugerah varietas NK 212 diperoleh hasil ubinan 7,56 Ton/Ha sedangkan pada lahan kedua Poktan Sipitangarri 6 varietas NK 212 diperoleh hasil ubinan 9,12 Ton/Ha serta pada titik ke-3 Poktan Abulosibatang varietas Asia Gold diperoleh hasil ubinan 9,15 Ton/Ha.

Menurut Kabid Penyuluhan NOER IBRAH IBRAHIM,SP.M.Si , hasil ubinan jagung termasuk bagus, alhamdulillah mengacu target rata2 ubinan per petak standarnya adalah 6 kilo, sementara hasil ubinan ini kisaran 8 sd 10 kilo/petak. Hal ini pula sesuai dengan target produktivitas jagung diatas 7 Ton/Ha, tutur Pak Kabid.

“Disamping itu pula, keberhasilan sektor pertanian tidak terlepas dari peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai kostratani di Kecamatan yang bertujuan sebagai pusat pembelajaran dan pemberdayaan petani dalam mewujudkan kedaulatan pangan, meskipun saat ini kondisi di tengah pandemi, sektor pertanian harus terus bergerak demi menjaga kebutuhan pangan nasional, ” tutup Ibrah.

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan