Dinas Parawisata Kalsel Siap Gelar Ajang Tour De Loksado

  • Bagikan
Dinas Parawisata Kalsel Siap Gelar Ajang Tour De Loksado

Liputan 4.com – Banjarmasin.

DINAS Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan bakal kembali menggelar ajang sport tourism bertajuk Tour de Loksado pada tahun 2021.

KEPALA Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin, mengatakan kegiatan ini digelar kembali usai tahun lalu sempat ditiadakan karena pandemi Covid-19 sedang masif.

“Tahun ini dilanjutkan lagi. Namun, semua tahapan kegiatan tetap dirancang dengan protokol kesehatan ketat dan jauh dari pemukiman warga untuk menghindari kerumunan,” kata Syarifuddin.

Ia menegaskan, Tour de Loksado merupakan salah satu ajang yang dipersambahkan oleh Dispar Kalsel yang memadukan kegiatan olahraga dengan pariwisata. Tujuannya sebagai wadah promosi destinasi wisata Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

“Dengan kegiatan ini, diharapkan para peserta mendapat informasi tentang potensi serta perkembangan tujuan wisata. Peserta juga dapat memberikan informasi daya tarik wisata di Kalsel baik melalui pengalaman maupun melalui melalui aktivitas media sosial peserta,” katanya.

Untuk diketahui, ajang Tour de Loksado nantinya akan dibagi menjadi event kompetisi bertajuk King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM).

Sementara, Fahmi, dari pihak EO, menjelaskan kegiatan yang membatasi 255 peserta itu diagendakan berlangsung 17 Juni, menyediakan hadiah berupa dua unit sepeda motor, 3 unit sepeda full set, 4 unit sepeda lipat, tv, smartphone, kioas angin, dispenser, dan rice cooker, 6 unit tas sepeda, serta 6 unit helm.

Panitia lomba akan memilih pemenang kategori pria dan wanita semua umur, pria umur 16 – 25 tahun, umur 26 – 35 tahun, umur 36 – 40 tahun, umur 41 – 45, dan umur 46 ke atas.

Pengumuman pemenang doorprize dilakukan virtual dan disiarkan secara live melalui media sosial. Dalam rangkaian kegiatan, digelar lomba foto dan video wonderfull loksado, untuk mempromosikan keindahan dan pesona Loksado.
Tujuan lain, mendorong masyarakat berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata Loksado, dan mengapresiasi mereka yang terlibat dalam kompetisi lomba.

Pemenang lomba 1, 2, dan 3 foto akan mendapat hadiah Rp5 juta, Rp3,5 juta, dan Rp2 juta. Sedangkan pemenang lomba video adalah Rp6 juta untuk juara 1, sebesar Rp5 juga untuk juara 2, dan juara 3 diberi Rp4 juta.

Pj Gubernur mengingatkan, apa pun kegiatannya, prokes yang harus diperhatikan. “Sebelum diluncurkan, simulasi dulu (minimal 50 orang,red) supaya kita tahu gambarannya, prokes dipenuhi atau tidak,” ujar Safrizal.

Pesan lain, panitia diminta melaporkan rencana kegiatan ke kementerian terkait. Kalau perlu mengundang menteri yang bersangkutan, ikut dalam kegiatan. Safrizal juga meminta panitia melakukan tes cepat antigen sendiri, bukan peserta yang diharuskan membawa bukti tes. (Liputan 4.com).

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications