Dinas Kesehatan dan TP PKK Kabupaten Majalengka Gelar pemeriksaan Dini Kanker Serviks.

Dinas Kesehatan Dan Tp Pkk Kabupaten Majalengka Gelar Pemeriksaan Dini Kanker Serviks.

Majalengka, Dalam rangka Hari Kanker Se – Dunia Dinas Kesehatan ,TP PKK Kabupaten Majalengka dan Dharma Wanita Persatuan ( DWP ) Dinas Kesehatan menggelar pelaksanaan pemeriksaan dini kanker serviks.

Kegiaatan yang di hadiri Ibu Bupati Majalengka sekaligus Ketua Umum TP PKK Kabupaten dilaksanakan di Puskesmas Majalengka, juga secara serentak diikuti di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Majalengka hari ini Rabu ( 16/02/2022).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka dr. Harizal Harahap mengatakan Menurut Global Cancer Observatory (Globocan) kejadian tertinggi lima jenis kanker di Indonesia tahun 2020 adalah Kanker Payudara, serviks (leher rahim), paru-paru, kolorektal dan hati. Dua kejadian kanker terbanyak yaitu kanker payudara dan kanker serviks diderita oleh perempuan.

Tingginya kejadian kanker di Indonesia menurut Kadinkes mengindikasikan perlunya kewaspadaan terhadap faktor risiko, pengendalian, pencegahan serta deteksi dini kanker.

Deteksi dini kanker menjadi program prioritas pemerintah, hal ini dapat dilihat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 21 tahun 2020 tentang Rencana Strategi (Renstra) Kementerian Kesehatan 2020-2024 yang salah satu indikatornya adalah presentase Puskesmas melakukan deteksi dini kanker.

Definisi Operasional dari presentase Puskesmas melakukan deteksi dini kanker adalah puskesmas yang menyelenggarakan deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks pada 80% populasi perempuan usia 30-50 tahun atau perempuan yang memiliki riwayat seksual aktif. Indikator renstra tersebut terintegrasi dengan standar pelayanan minimal pelayanan kesehatan pada usia produktif.

” Hari ini total Wanita Usia Subur ( WUS ) yang diperiksa secara serentak sebanyak 1700 orang yang tersebar di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Majalengka ,” tutur Harizal.

Wanita Usia Subur (WUS) yang sudah terlayani IVA test dan SADANIS sebanyak 5.572 orang dari 183.400 orang (3,04%).
Program pencegahan dan pengendalian kanker agar dapat berjalan optimal membutuhkan kerjasama lintas sektor terkait selaku pemangku kebijakan dan masyarakat sebagai sasaran itu sendiri.

” Untuk itu Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten, dan pemerintahan Desa serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kesehatan berkolaborasi untuk menggerakkan seluruh sasaran agar ikut berpartisipasi dalam deteksi dini kanker serviks melalui IVA test dan deteksi dini kanker payudara melalui SADANIS sehingga kegiatan dalam rangka hari Kanker Se-Dunia ini dapat berjalan optimal sesuai dengan target yang diharapkan,” jelas Kadinkes.

Ketua Umum TP PKK Kabupaten Hj. Dedeh Karna Sobahi menjelaskan bahwa sejalan dengan program TP PKK dalam bidang kesehatan yaitu mendukung program pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan, maka dengan ini kami mengajak semua wanita usia subur (WUS) yang sudah menikah untuk mengikuti kegiatan IVA test dan SADANIS.

” Ibu-ibu yang mengikuti IVA Test dan SADANIS di Puskesmas tidak perlu khawatir, pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter perempuan dan bidan terlatih, sehingga semua pemeriksaan yang dilakukan sesuai standar operasional prosedur yang berlaku,” tutur Hj. Dedeh.

Dan sesuai dengan visi PPK terwujudnya keluarga sehat , cerdas, berdaya, beriman dan bertaqwa menuju Indonesia maju di tahun 2024. PKK melalui bidang kesehatan telah memberikan penyuluhan kepada masyarakat khusus ibu – ibu dengan memberdayakan kader dasawisma, kader postyandu, melalui program Nganjang Kaimah. Selain kegiatan tersebut kita juga mengikuti webinar deteksi dini kanker payudara dan kanker mulut rahim. PKK sebagai ujung tombak pembangunan bidang kesehatan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu.

Pada kesempatan tersebut Ibu Bupati selaku Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Majalengka menyerahkan Sembako dan ibu ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan juga membagikan souvenir kepada ibu-ibu yg telah mengikuti IVA Test dan SADANIS di Puskesmas Majalengka. (abi cris / Diskiminfo)