Dinas Dukcapil OKU Percepat Kepengurusan 12 KTP, 7 KK dan 8 Akte Kelahiran Untuk Keluarga Korban Musibah Kebakaran di Kelurahan Pasar Baru Baturaja

Reporter: Agus Maulana Topik: Peristiwa
  • Bagikan

Liputan4.com.sumatera selatan – Baturaja, Pasca Kebakaran yang terjadi kawasan RT 01 RW 01 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Baturaja timur, pada Senin (2/8/2021) lalu banyak menimbulkan kerugian baik moril atau material. Sebanyak 8 unit bangunan rumah ludes terbakar dan 16 Kepala Keluarga ( KK ) terkena imbasnya. Peristiwa terjadi pukul 14.10 WIB. Api dengan cepat membesar dan menghanguskan bangunan rumah, harta benda dan surat – surat penting diantaranya seperti Sertifikat rumah, KTP, Akte kelahiran, Ijasah sekolah, Buku nikah, Kartu Keluarga, Surat surat kendaraan STNK/ BPKB dan surat penting lainnya.

Dinas Dukcapil Oku Percepat Kepengurusan 12 Ktp, 7 Kk Dan 8 Akte Kelahiran Untuk Keluarga Korban Musibah Kebakaran Di Kelurahan Pasar Baru Baturaja


Pasca kebakaran, terlihat sejumlah warga keluarga korban sibuk untuk membuat kembali surat surat penting yang terbakar baik di rumah ketua RT 01, Kantor Lurah Pasar Baru, Polsek Baturaja timur dan Polres OKU sebagai surat pengantar untuk melengkapi berkas dalam pengajuan pembuatan surat – surat penting yang baru.

Dinas Dukcapil Oku Percepat Kepengurusan 12 Ktp, 7 Kk Dan 8 Akte Kelahiran Untuk Keluarga Korban Musibah Kebakaran Di Kelurahan Pasar Baru Baturaja

Muskiawan RT 01/ RW 01 Kelurahan Pasar Baru Baturaja, tampak sibuk bersama warga keluarga korban musibah kebakaran saat berada di lokasi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada Jum’at pagi, ( 13/8/2021 ) bersama beberapa warga korban keluarga korban yang terlihat tampak lelah dan lusuh. Namun demikian, mereka para warga tetap sabar, tabah dan semangat dalam mengurus surat – surat penting yang terbakar, dikarenakan suatu saat surat – surat tersebut akan diperlukan.

Muskiawan Ketua RT 01/ RW 01 Kelurahan Pasar Baru dalam bincangnya mengatakan, 12 KTP, 7 KK sudah selesai semua dan untuk 8 Akte Kelahiran yang terbakar masih dalam proses . Ia mengaku, Alhamdulilah prosesnya cepat sehingga sangat membantu warga keluarga korban yang terkena musibah kebakaran.

“Untuk Kerugian dari 8 rumah warga keluarga korban yang terkena musibah kebakaran yang ludes terbakar, kurang lebihnya belum tahu persis berapa besarnya. Kita do’akan saja ada jalan keluarnya sehingga warga dapat membangun rumahnya kembali,”Ungkap Muskiawan.

“Alhamdulilah kalau bantuan bantuan tanggap darurat setelah pasca kebakaran ada dari Plh Bupati OKU dan para donatur lainnya, sehingga dapat sedikit menghibur dan meringankan kesulitan warga keluarga Korban Musibah Kebakaran,”Ujar ketua RT 01.

Sementara itu ditempat yang sama, Jailani Hasan., S.STP., M.Si., Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Dinas Dukcapil Kabupaten OKU dalam kesempatannya mengatakan, dari awal setelah pasca kebakaran terjadi di RT 01 / RW 01 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Baturaja timur telah kita mintanya datanya melalui ketua RT 01, hal ini kita lakukan sebagai bentuk dan kepedulian kita terhadap para keluarga korban musibah kebakaran. Kepengurusan surat – surat penting yang terbakar milik keluarga korban musibah kebakaran secepatnya akan selesai, karena pasti akan sangat diperlu oleh warga dalam mengurus surat – surat penting lainnya terutama seperti KTP.

“Sementara ini sudah kita terima laporan dari warga korban musibah kebakaran yaitu 12 KTP sudah selesai, 7 Kartu Keluarga ( KK ) sudah selesai juga dan Untuk 8 Akte Kelahiran masih dalam proses. Rencananya surat – surat penting yang terbakar akan kita laporkan ke Plh Bupati OKU, mungkin beliau akan menyerahkannya secara simbolis kepada warga,”Jailani.

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan