Diduga Tercium Bau Korupsi Proyek Saluran Irigasi Desa Kalianget Barat Nampaknya Tidak Susuai RAB

  • Bagikan
Diduga Tercium Bau Korupsi Proyek Saluran Irigasi Desa Kalianget Barat Nampaknya Tidak Susuai RAB

Liputan4.com, Sumenep-Terpantau saat investigasi pekerjaan proyek saluran irigasi di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur nampaknya tidak sesuai RAB dan tercium dugaan korupsi pada pekerjaan proyek tersebut.

Ketua Tim investigasi dan pengawasan LSM Jatim Corruption Watch (JCW) Jawa Timur, Abdurrahem menyampaikan, saat investigasi langsung ke lapangan. Pihaknya melihat langsung keadaan dan hasil dari pekerjaan proyek tersebut tidak sesuai speak.

“Saat turun langsung mengecek pekerjaan proyek saluran irigasi yang ada di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep tahun 2020. Memang proyek itu tidak sesuai RAB, pekerjaan tersebut sepertinya terkesan asal-asalan,” kata Abdurrrahem saat diwawancara, Jumat (6/11/2020).

Berdasarkan dari hasil investigasi dilapangan. Ia menerangkan bahwa pekerjaan proyek saluran irigasi diketahui jika dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaan tersebut terdapat beberapa dugaan penyimpangan.

“Dalam proyek tersebut terdapat dugaan spesifikasi tehnik pekerjaan seperti masalah komposisi campuran adukan diduga tidak sebanding seperti PCC (1) semen-pasir (8-10) sedangkan seharusnya perbandingan semen dan pasir adalah 1 (satu) berbanding 3-4 sebagaimana yang tercantum di dalam RAB,” paparnya.

“Untuk spesifikasi pasir yang digunakan diketahui menggunakan pasir Atrazs (pasir merah) yang terdapat dilokasi pekerjaan bahkan pasir tersebut bercampur lumpur,sehingga dipastikan kekuatan pada pasangan batu tidak bertahan lama dan juga pada pasangan batu pondasi tidak digali dan langsung dapasang. Dalam spesifikasi tehnik pasangan batu pondasi harus digali kurang lebih 30cm tidak hanya itu dugaan penyimpangan pada pekerjaan proyek saluran irigasi terjadi pengurangan volume tentang kedalaman pondasi itu artinya mengurangi kekuatan bendung,” ujarnya lagi.

Penjelasannya tidak hanya samapai disitu kata Rahem. Akan tetapi di lokasi proyek tidak ada papan nama proyek, sehingga dalam pekerjaan proyek tersebut melanggar undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Saya sangat menyayangkan tentang pekerjaan proyek tersebut. Apalagi yang mengerjakan proyek tersebut adalah Kepala Desa Kalianget Barat sendiri.
pekerjaan proyek tersebut amburadul/asal jadi dan bisa disimpulkan kalau Kepala Desa kalianget Barat tidak bisa membaca RAB,” ungkapnya.

Suharto, Kepala Desa Kalianget Barat selaku koordinator pekerjaan proyek saluran irigasi saat dihubungi hingga beberapa kali, pihaknya tidak bisa dihubungi. Sampai berita ini naik ia tetap saja tidak ada kepastian informasi pada saat mau dikonfirmasi.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

34
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

67
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

34
1
0