Di Duga Sekdes Pandansari Kec. Warungasem Salah Gunakan Tanah Bengkok Desa

  • Bagikan
Di Duga Sekdes Pandansari Kec. Warungasem Salah Gunakan Tanah Bengkok Desa

Liputan4.com, Batang – Dugaan penyimpangan wewenang dalam pelaksaan pengelolaan Aset Desa dalam bentuk Tanah Kas Desa (TKD) terjadi penyewaan secara pribadi tanpa menggunakan aturan yang berlaku.

Tanah Kas Desa yang di olah oleh Sekdes (Dwi Didik Bahtiar) Pandansari Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Telah di sewakan secara pribadi dengan petani cabai selama 5 tahun dengan nilai nominal 50 juta.

Terdapat kejanggalan dalam pengelolaan Tanah Kas Desa tersebut yang awalnya untuk bertanam cabai tapi si penyewa malah membuat kolam ikan yang luas di area sawah tersebut dengan kedalaman 2 meter, dan si penyewa pun akan membangun bangunan di area sawah tersebut untuk gudang pupuk dan makanan ikan, dalam akses kegiatan tersebut si penyewa telah merusak bangunan Desa (Talud) tanpa se ijin pemerintah Desa Pandansari.

Saya sudah ijin sama pak Sekdes dan apapun kegiatan yang saya lakukan intinya pak Sekdes sudah mengetahui “ujar si penyewa.

Ketika team konfirmasi ke Pak Kades di Balai Desa Pandansari (Rabu, 22/4), Pak Kades malah tidak mengetahui sama sekali tentang kegiatan si penyewa tersebut tapi kalo penyewaan secara pribadi saya tahu.

Di kantor Desa sekdes Pandansari mengakui bahwa dirinya telah menyewakan Tanah Kas Desa Tersebut secara pribadi.

Hal ini yang menjadi tabu ketika pengelolaan TKD tersebut harusnya melalui mekanisme sewa dengan cara lelang sesuai Perbup Nomor 23 Tahun 2017. Namun TKD tersebut tidak melalui Mekanisme Lelang namun malah sewa secara pribadi.

Secara terpisah, (Kamis, 22/04)  di kantor kecamatan Warungasem Kab. Batang pernyataan Sekretaris Camat (Sekcam) Adi Pranoti tentang hal ini saya tidak tau menau dan hal ini akan saya sampaikan kepada pak camat ditambahkan oleh Kasi Pembangunan yang di jumpai team diwaktu yang sama kami akan survey lokasi terserbut terlebih dahulu yang selanjutnya akan koordinasi dengan kepala desa setempat.

Hingga berita ini diturunkan, Camat Warungasem belum dapat dikonfirmasi. (Team)

Di Duga Sekdes Pandansari Kec. Warungasem Salah Gunakan Tanah Bengkok Desa
Lokasi Tanah Bengkok Desa Pandansari
Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
1
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Lombok Timur