Di Bajawa Kabupaten Ngada Sampah Dibuang Sembarangan Di Jalan

Di Bajawa Kabupaten Ngada Sampah Dibuang Sembarangan Di Jalan

Liputan4.com, Bajawa | Kesadaran masyarakat Kabupaten Ngada, khusunya di kota Bajawa dan sekitarnya untuk membuang sampah pada tempatnya, masih sangat minim.

Buktinya masih banyak sampah yang dibuang di sembarang tempat oleh warga. Seperti yang terlihat di jembatan perbatasan Desa Bowali dan Kelurahan Bobou Kecamatan Bajawa.


Pantauan Liputan4.com Kamis (20/08/2020), di dekat jembatan tersebut, sampah terlihat  berserakan di pinggir jalan hingga di bawah jembatan.

Sampah yang berserakan tersebut, dari berbagai jenis. Seperti kasur bekas, dos rokok, kresek bekas, pempers anak-anak, pembalut wanita dan sampah lainnya, berserakan di pinggir jalan

Kondisi ini terlihat kumuh, kotor dan sangat tidak nyaman bagi para pengguna jalan yang melintas. Sementara lokasi itu bukan merupakan tempat pembuangan sampah.

Kepala Disun 01 Kampung Radha Desa Bowali Georgius Longa mengatakan, sampah yang berserakan itu, sudah lama dibiarkan menumpuk dan berhamburan di kawasan itu. Semakin hari bau sampah semakin menyengat dan terlihat jorok.

“Padahal itu bukan tempat sampah. Dan sampah-sampah itu sudah lama tidak dibersihkan. Baunya semakin menyengat,” ungkapnya.

Katanya warga tidak bisa mengangkut sendiri sampah-sampah tersebut. Pasalnya, jumlah sampah yang berserakan di sisi kiri dan kanan jalan, sangat banyak.

“Sampah terlalu banyak, kami tidak bisa mengangkut sendiri. Sampah ini juga, kita tidak tahu siapa yang buang,” bebernya. (Arjuna)

[zombify_post]