Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bela Tanah Air (BETA) Indonesia Napak Tilas

IMG 20201114 WA0131 1

 

Liputan4.com,Jakarta-Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bela Tanah Air (BETA) Indonesia dan juga sebagian pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Beta Indinesia Jakarta Utara mengadakan napak tilas rengas dengklok sekaligus Touring Hari Pahlawan yang bertemakan “Pahlawanku Sepanjang Masa” pada hari sabtu siang tanggal 14 November 2020 di rengasdengkolk jawa barat.

Adapun rumah rengasdengklok yang syarat dengan makna sejarah ini tepat nya terletak di Desa Kali Jaya, Kecamatan Rengasdengklok Utara, Kabupaten Kerawang Jawa Barat.

Menurut Pak Yanto yang merupakan penerus ke tiga daripada rumah bersejarah rengasdengklok tersebut menceritakan bahwa rumah bersejarah ini pernah di jadikan persinggahan oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno dan Hatta menjelang kemerdekaan Republik Indonsia.

Masih menurut pak Yanto Bung Karno dan Bung Hatta singgah di rumah rengasdengklok tersebut tepat nya menjelang maghrib pada tanggal 15 Agustus 1945 sekitar jam 17.30,dan pada tanggal 16 Agustus pagi nya Bung Karno dan Bung Hatta meninggalkan rumah bersejarah tersebut dan ditemukan nya kertas – kertas berisi tulisan yang sudah tidak terpakai berserakan di tanah seakan menunjukan bahwa Bung Karno dan Bung Hatta telah melakukan diskusi penting pada malam hari sebelum meninggalkan rumah sejarah di pagi hari nya.

Sebagai ketua umum DPP Beta Indonesia Vinny mengemukakan bahwa tujuan di adakan nya Napak Tilas di rumah rengasdengklok ini untuk mengenang proklamator bangsa ini sekaligus sebagi Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia yang kita cintai.

Diharapkan sebagai kader Beta Indonesia dengan di adakan nya Napak Tilas di rumah sejarah ini setidak nya dapat mengingat kembali dan tidak mudah melupakan sejarah bangsa kita bahwa putra sang fajar pernah singgah dirumah penuh sejarah ini imbuh bu ketum.

Laindaripada itu dirumah bersejarah ini kader Beta Indonesia melakukan serangkaian kegiatan diantara nya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Gugur Bunga untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Selanjut nya dilakukan penyerahan donasi dan cinderamata oleh ketua umum Beta Indonesia sebagai bentuk rasa terimakasih Beta Indonesia karena rumah bersejarah itu hingga saat ini masih terawat bersih dengan keaslian nya diantara nya ada ranjang yang digunakan tempat tidur Bung Karno dan di tempat terpisah juga ada ranjang untuk tempat tidur Bung Hatta.

Sedangkan menurut vino selaku Sekjend DPP Beta Indonesia menjelaskan bahwa Organisasi Beta Indoneisa didirikan dengan didasari rasa keprihatinan melihat kondisi masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 akhir-akhir ini.

Secara garis besar organisasi Beta Indonesia ingin menjadi pejuang kemanusiaan di tengah masyarakat agar beban masyarakat dapat berkurang akibat merebak nya virus corona kata Vino.

Masih menurut Sekjend DPP Beta Indonesia Vino bahwa Beta indonesia bertujuan selain untuk melakukan kegiatan sosial ditengah masyarakat juga diharapkan bisa bersinergi dan berkontribusi kepada pemerintah agar Bangsa Indonesia dapat pula saling tolong menolong, bergotong royong membantu sesama karena itu merupakan jatidiri bangsa Indonesia dalam membangun bangsa ini secara bersama-sama.(Saiful Amar)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply