Desa Ranggang Dan Desa Batilai Tanah Laut Terendam Air Akibat Hujan Lebat

 

PELAIHARI – LIPUTAN 4.COM. Akibat dari Intensitas Hujan yang cukup lebat, sehingga membuat dua desa di Kecamatan Takisung, Kab.Tala Kalsel yaitu Desa Ranggang dan Desa Batilai sempat terendam air hujan, Kamis (26/1/23).


Jumiati warga Desa Ranggang mengaku, akibat dari hujan deras tadi sehingga membuat genangan air yang cukup tinggi di desanya, Bahkan untuk genangan airnya sampai ke jalan raya, sehingga bagi pengguna jalan yang melintas menjadi terganggu,” ucapnya.

“Dikatakan Kepala Desa Batilai Tala, Muhdi, bahwa Desa Batilai sering menjadi salah satu daerah langganan terendam air, apabila turun hujan lebat dengan jangka waktu cukup lama,” ucapnya,”Tadi hujan turun lebat sekitar dua jam sehingga desa kami sempat terendam genangan air hujan, dan sekarang mulai berangsur surut,” ujarnya.

Akibat dari dampak intensitas hujan yang cukup lebat, sehingga di RT 3, 4 dan 5 di Desa Batilai sempat terendam air, dan diperkirakan kurang lebih 80 kepala keluarga terkena dampak genangan air tersebut,” ucapnya.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Dari tiga RT tersebut, yang cukup terparah berada di RT 4 dengan ketinggian air sekitar satu meter atau sepinggang orang dewasa.

“Camat Takisung Kab.Tala, Ikram menjelaskan, untuk jalan utama yang terendam itu ada di perbatasan Desa Ranggang dan Desa Batilai dan kurang lebih sepanjang 500 meter,” tambah Ikram.

Untuk Kedalaman air di dua desa tersebut jelasnya, diperkirakan sudah mencapai sekitar lutut orang dewasa, “Dan bagi para pengguna sepeda motor dan mobil hendaknya agar tetap terus untuk berhati-hati pada saat melintasi jalan yang terendam air,” harapnya.

“Dikatakan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tanah Laut, Sahrudin, saat ini pihak terus memantau kondisi desa yang sempat terendam genangan air hujan tersebut,” ucapnya.

“Untuk saat ini kedalaman air sudah berangsur surut, dan tetap akan kita pantau terus desa yang sempat terendam genangan air hujan itu, dan juga untuk warga terdampak akan segera diberikan bantuan,” pungkasnya.(Liputan 4.Com).