Dengan Mengusung Tema Dance Through Life, Hari Tari Dunia Kalsel 2022 Siap Digelar Di Banjarbaru

Dengan Mengusung Tema Dance Through Life, Hari Tari Dunia Kalsel 2022 Siap Digelar Di Banjarbaru

Dengan Mengusung Tema Dance Through Life, Hari Tari Dunia Kalsel 2022 Siap Digelar Di Banjarbaru

Banjarbaru-Liputan 4.com. Dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, kegiatan Hari Tari Dunia (HTD) Kalimantan Selatan bakal digelar kembali di tahun 2022 ini. Ajang HTD dengan tema Dance Through Life akan dihelat di Misbar Banjarbaru pada Sabtu & Minggu, 14-15 Mei 2022 mendatang.


Ketua Pelaksana HTD 2022, Gita Kinanthi, bilang ada 80 karya dan 70 pengisi acara baik secara offline dan online yang bakal memeriahkan kegiatan.

“Yang online ada dari beberapa daerah lain, seperti Kaltim, Kalteng, Aceh, Lampung, Riau, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Lombok, hingga Negara Malaysia. Adapula WNI yang bekerja di Kedutaan Besar Indonesia di Amerika, Portugal, Afrika Selatan, turut berkolaborasi mengirim karya untuk perayaan HTD 2022 di Kalsel,” ungkap Gita lagi.

Ajang HTD kali ini juga tak sekadar menyuguhkan tari-tarian secara langsung. Namun, semua yang hadir dapat menonton bareng film atau video dengan konten tari di bioskop Misbar Banjarbaru.

“Misalnya film tari, kemudian video klip tari, dance tutorial, video tiktok, itu semua kita tonton selain ada pertunjukan langsung,” kata Gita Kinanthi selaku ketuplak HTD 2022 kepada jejakrekam.com.

Pergelaran Hari Tari Dunia sudah digelar di Kalimantan Selatan sejak 2015 silam. Dan pertama kali digelar di Taman Budaya Banjarmasin yang kemudian beriringan turut digelar ke Banjarbaru. Kalsel sendiri memiliki budaya tari cukup beragam dan maju, dan dulunya belum ada perayaan HTD di Kalsel, karena itu sejak 2015 digelar.

Antusiasme penari di Kalsel untuk ikut serta dalam merayakan HTD begitu banyak mengingat seluruh dunia turut merayakannya. “Sejak 1982 sudah dirayakan oleh Perancis. Dan di Indonesia mulai dirayakan 16 tahun lalu di Solo. Jargonnya “24 Jam Menari” hal itu lah saya pikir penting karena begitu memiliki pengaruh dalam kehidupan,” katanya.

Untuk pergelaran HTD 2022 pada Sabtu-Minggu nanti, semua masyarakat dapat menyaksikan langsung secara gratis di Misbar Banjarbaru. Pergelaran juga diikuti orang dari luar Kalsel.

“Ini semua yang kita rindukan, ngumpul bersama, bangkit bersama setelah pandemi yang di mana dampaknya ke semua bidang. Momentum perayaan hari tari dunia, bisa menjadi temu kangen, tanda bahwa kita bangkit kembali seperti sebelumnya, ke depanya bisa membaik serta bisa melestarikan tarian di Kalsel khususnya,” harap Gita.(Irwan L4).