Comunity TB Care Aisyiyah Jeneponto Targetkan Eliminasi TBC 2030

JENEPONTO–Comunity TB Care ‘Aisyiyah Jeneponto akan berupaya mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit TB (eliminasi) pada tahun 2030 mendatang.

Koordinator TB-HIV Care ‘Aisyiyah Jeneponto , Muh Ruslan mengatakan, bahwa untuk mewujudkan hal itu maka seluruh elemen masyarakat baik pemerintahan harus bekerjasama dalam menekan penularan penyakit TB.


“Kami mempunyai lebih 100 kader untuk mensosialisasikan ke masyarakat luas tentang TB ini, dan saya berharap kerjasama dari semua pihak agar jumlah penderita TB semakin menurun,” kata Ruslan didampingi pengurus TB Care lainnya, Hariandi di Kantor Tb Care ‘Aisyiyah Jeneponto, Jalan Lanto Dg Pasewang No 355 Romanga, Rabu (04/12/2019).

Disebutkannya bahwa TB Care Aisyiyah jeneponto sudah menggandeng 18 Puskesmas yang ada di 11 kecamatan untuk bekerja sama menangani TB ini. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan di 11 kecamatan di jeneponto. Kita berkomitmen bersama dalam kampanye penanggulangan TBC.

KULIAH GRATIS BEASISWA

“Nah di jeneponto sudah ada perda penanggulangan TBC sejak 2018. kalau ada Perbup lebih kuat lagi, kita menjalankan ini. Untuk itu, kepada Pemkab agar membuat Perbub Penanggulangan TB, agar masyarakat terbantu, karena ‘Aisyiyah sangat peduli dengan penanggulan penyakit TB ini,” imbuh Ruslan

Dia juga mengatakan, untuk bisa mengeliminasi TB, ‘Aisyiyah melalui kader-kadernya terus melakukan edukasi terhadap masyarakat dan siap membantu para pengidap TB.

“aisyiyah  terus memberikan edukasi melalui kadernya ke masyarakat. Mari kita sama-sama mendukung agar bisa mengeliminasi TB, dan berjalan dengan sesuai harapan kita,” Alhamdulillah sejak 2016 sampai saat ini TB care aisyiyah jeneponto telah memberikan konstribusinya dalam menemukan, mendampingi pengobatan sampai sembuh. (*)