Cetak Narapidana Berkarakter, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Gelar Latihan Rutin Pramuka

Cetak Narapidana Berkarakter, Lapas Narkotika Kelas Iia Pamekasan Gelar Latihan Rutin Pramuka

Pamekasan – Dalam rangka meningkatkan pembinaan kepribadian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi insan yang berdisiplin, memiliki rasa cinta tanah air, serta memiliki rasa peduli satu sama lain, Gugus Depan 1601 Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim secara rutin menyelenggarakan Pelatihan Pramuka bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan. Demikian pula dengan melatih Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jumat (30/09/2022).

Gerakan Pramuka merupakan Organisasi Pendidikan nonformal yang bisa diandalkan sebagai motor penggerak dan wadah untuk mengembangkan karakter jati diri bangsa, dengan menanamkan nilai-nilai Bela Negara.


Latihan pramuka ini di ikuti oleh 50 orang WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim. Dengan 2 orang Kakak Kakak Pembina Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Pamekasan. Materi yang diberikan oleh pembina adalah tentang Pelatihan Semaphore dan keterampilan Tali temali.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terus berupaya memberikan berbagai program pembinaan termasuk pembinaan Pramuka kepada para Warga Binaan.

“Saya berharap kegiatan pembinaan pramuka ini dapat bermanfaat bagi para WBP karena dengan pembinaan Pramuka maka dapat membentuk kepribadian dan akhlak mulia, berdisiplin, menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara dalam diri kita,” ucapnya.

Lebih lanjut lagi, Kalapas berharap para WBP dapat serius dalam berlatih. Dengan harapan ilmu yang disampaikan oleh pembina pramuka dapat diserap dengan baik.

“Saya berharap untuk para WBP dapat mengikuti kegiatan dengan serius agar kelak para WBP menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, berkualitas, patuh terhadap aturan sehingga setelah bebas nantinya menjadi manusia yang berguna dan tidak mengulangi perbuatan melanggar pidana lagi,” tegasnya

Sementara itu Pembina Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Pamekasan, Kak Citra mengatakan bahwa materi Semaphore kali ini yaitu merupakan salah satu materi yang diajarkan dan wajib dihafalkan oleh seluruh anggota pada kegiatan pramuka.

“Tujuannya adalah agar anggota pramuka (WBP) tetap bisa berkomunikasi dari jarak yang jauh, meskipun sedang berkemah di tempat yang susah sinyal, seperti di gunung atau di desa terpencil,” jelas Kak Citra.