PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Perketat Pengamanan Ruang Tahanan

  • Bagikan
Cegah Tahanan Kabur, Kapolres Pekalongan Minta Perketat Pengamanan Ruang Tahanan

Liputan4.com, Pekalongan – Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., terus mengingatkan kepada jajarannya untuk memperketat pengamanan ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres Pekalongan maupun yang berada di Polsek jajaran sebagai langkah antisipasi kasus kaburnya tahanan.

“Pihaknya minta jajaran untuk lebih meningkatkan pengamanan terhadap ruang tahanan yang ada, guna meminimalisir tahanan untuk kabur,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas AKP Akrom, Senin (15/8/2021)

Menurut Kasi Humas, pihaknya telah melakukan prosedur tetap pengamanan tahanan, yakni setiap hari dilakukan pengecekan terhadap kondisi tahanan, mulai dari segi keamanan, pengamanan, kebersihan dan kondisi tahanan.

“Untuk keamanan setiap hari ada dua penjaga yang memantau tahanan, termasuk juga Perwira Pengawas dan personil Propam yang selalu melakukan kontrol pengawasan terhadap penjaga yang bertugas di ruang tahanan,” katanya

Ia juga mengingatkan kepada petugas untuk selalu waspada, sehingga selalu ada pengamanan berlapis dan begitu juga saat serah terima piket petugas lama dan baru harus benar-benar diperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang luput dari perhatian dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terkait kondisi ruang tahanan (rutan) baik yang berada di Mapolres maupun di Polsek jajaran, sejauh ini masih sangat baik karena secara berkala dilakukan kontrol ruang tahanan. Dan jika ada yang kurang baik, maka akan diperbaiki mulai jeruji, plafon dan fasilitas lainnya termasuk CCTV yang terpasang diruang tahanan.

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan