Cegah PMK, Polda Kalteng Bersama Dinas Pertanian Semprot Disinfektan dan Vaksinasi Sapi

Cegah Pmk, Polda Kalteng Bersama Dinas Pertanian Semprot Disinfektan Dan Vaksinasi Sapi

Liputan4.com, Palangkaraya – Polda Kalteng melalui personel yang tergabung dalam Operasi Aman Nusa II tahun 2022 bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sapi dan kandangnya di Jalan RTA Milono Km. 7 Palangka Raya, Kamis (14/7/2022) siang.

Penyemprotan disinfektan tersebut, sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang saat ini kondisinya terus meluas.


Kegiatan ini dipimpin oleh drh. Eko Hari Yuwono dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya.

“Ada 16 ekor sapi yang terdiri dari tujuh sapi peliharaan dan sembilan sapi sisa dijual untuk kurban, yang terindikasi terkena virus PMK. Terhadap lima sapi yang berstatus berat, kemudian dilakukan vaksinasi,” kata Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto, M.Si melalui Dirsabhara Kombes Pol Cahyo Widiarso, S.H., S.I.K., M.H. selaku Kepala Operasi Aman Nusa II tahun 2022.

Selain upaya vaksinasi, lanjutnya, juga dilakukan sterilisasi kandang ternak guna mencegah penularannya.

“Kegiatan vaksinasi terhadap sapi dan penyemprotan disinfektan akan terus kami lakukan bersama pihak terkait guna mencegah penyebaran virus PMK di Provinsi Kalteng,” pungkasnya. (kahf/sam)

Print Friendly, Pdf & Email