Camat Sematang Borang Siap Sosialisasikan IMB ke PBG ke Masyarakat 

Camat Sematang Borang Siap Sosialisasikan Imb Ke Pbg Ke Masyarakat 

Liputan4.com, Palembang – Camat Sematang Borang Moh. Esman Faridy hadir dalam sosialisasi persetujuan bangunan gedung (PBG) yang diselenggarakan oleh dinas PUPR Kota Palembang di hotel Aston Palembang, Rabu (29/6/22).

PBG merupakan persyaratan baru yang perlu diperoleh oleh pemilik gedung sebelum memulai kontruksi atau mengubah bagunan gedung. Tetapi, IMB yang diterbitkan sebelum berlakunya PP No. 16/2021 tetap berlaku sampai dengan berakhir.


Dilihat dari definisi, tidak ada perbedaan subtansial antara PBG dan IMB. Akan tetapi, terdapat penggunaan kata-kata yang berbeda terkait dengan acuan yang digunakan dalam pemberian izin. Untuk IMB, izin diberikan apabila telah sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku. Sedangkan, PBG diberikan apabila sudah sesuai dengan standar teknis bangunan gedung.

Camat Sematang Borang Moh. Esman Faridy diminta tanggapannya hadir mengikuti sosialisasi mengatakan, kegiatan ini adalah sosialisasi pengganti IMB sekarang menjadi persetujuan bangunan gedung dan tidak secara manual lagi dengan sistem online, jadi ada aplikasi namanya SIM BG (Sistem informasi manajemen bangunan gedung) tinggal upload data yang dibutuhkan”, ujarnya.

Penyelenggaraan bangunan gedung adalah kegiatan pembangunan yang meliputi proses perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi, serta kegiatan pemanfaatan, pelestarian, dan pembongkaran. Segala bentuk kebutuhan dan keinginan manusia tertuang didalam bangunan gedung tersebut.

 

Lebih lanjut dikatakan camat Sematang Borang Moh. Esman Faridy, dari hasil sosialisasi ini kita akan teruskan kepada lurah, ketua rt ke masyarakat agar mengetahui akan perubahan dari IMB ke PBG, tinggal lagi kesiapan SDM nya yang ada di bawah seperti rt ke masyarakat setempat perlu sosialisasi juga”, pungkasnya.

Print Friendly, Pdf & Email