Bupati Wilayah Saereri, Rapat Bersama Persiapan Sail Teluk Cenderawasih

JAKARTA, Liputan4.Com– “Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si., M.Pd bersama dengan sejumlah bupati dan perwakilan bupati dari wilayah Saereri kembali melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, di Lantai 7 Gedung Kementerian Kelautan, Kamis, 19 Januari 2023.


Pertemuan itu membahas berbagai potensi perikanan menjelang kesiapan kabupaten di kawasan Saereri dan sekitarnya menyikapi rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang diagendakan akan dilakukan akhir tahun 2023 ini.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan, pertemuan dengan Menteri KKP itu dilakukan sebagai laporan dari kabupaten-kabupatan mendukung rencana pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih.

“Pertemuan kami dengan Pak Menteri Kelautan dan Perikanan untuk membahas pengembangan potensi perikanan, termasuk kesiapan pelaksanaan ekspor yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi pada saat pembukaan Sail Teluk Cenderawasih nanti,” kata Bupati Herry Ario Naap.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Dalam pertemuan itu, selain dihadiri Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, juga dihadiri Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, Kadis Kelautan dan Perikanan Biak Effendi Igirisa, Kadis Perikanan Sarmi – Didimus Warwe, Kabid Perikanan Waropen Maria Helena Ramandey dan Kabid Perikanan Yapen Nikolas P. Imbiri.

Dalam pertemuan dengan Menteri Wahyu Sakti Trenggono itu, masing-masing kabupaten menyatakan kesiapannya. Kabupaten Biak Numfor misalnya, siap dengan ikan jenis Tuna Blue Fin, Tuna Yellow Fin dan Rumput Laut.

Sedangkan, Kabupaten Sarmi dengan Ikan Tengiri, Udang Vaname dan Kepiting, sementara Kabupaten Waropen siap dengan Udang Tiger dan Kepiting. Kemudian, Kabupaten Kepulauan Yapen siap dengan Ikan Baramundi dan Rumput Laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono mengapresasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan para Bupati dan perwakilan kabupaten lainnya dalam rangka pengembangan potensi perikanan di kawasan Saereri dan sekitrnya.

“Kalau untuk emas biru, pasti Kementrian Kelautan dan Perikanan siap mendukung 100 persen,” tandas Trenggono.

“Intinya pemerintah daerah siapkan lahan dan dalam waktu dekat pasti saya langsung datang ke Biak, Yapen, Waropen dan Kabupaten Sarmi,” imbuhnya. (Humas Pro/Hudzon)