Bupati Sergai Melantik 99 Kepala Desa Tepilih dan 3 Pejabat Kepala Desa

LIPUTAN4.COM, SERGAI. Bupati Sergai H. Darmawijaya didampingi Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, resmi melantik 100 Kepala Desa terpilih pada Pilkades Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2022 dan 2 Desa Pejabat Kepala Desa Kec.Perbaungan, bertempat di Lapangan Apel Komplek Perkantoran Bupati Sergai Jalan Negara Desa Firdaus, Kecamtan Sei Rampah, Sergai. Jumat (29/4/2022).

Adapun 99 nama – nama Kepala Desa terpilih yang terdiri dari  16 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bandar Khalifah 4 Desa, Kecamatan Pantai Cermin 5 Desa, Kecamatan Perbaungan 10 Desa, Kecamatan Pegajahan 7 Desa, Kecamatan Teluk Mengkudu 4 Desa, Kecamatan Sei Rampah 10 Desa, Kecamatan Sei Bamban 5 Desa, Kecamatan Bintang Bayu 4 Desa, Kecamatan Dolok Merawan 10 Desa, Kecamatan Tebing Tinggi 5 Desa, Kecamatan Tebing Syahbandar 6 Desa, Kecamatan Sipispis 5 Desa, Kecamatan Dolok Masihul 13 Desa, Kecamatan Serbajadi 1 Desa, Kecamatan Tanjung Beringin 2 Desa,Kecamatan Silinda 8 Desa.


Utuk Pejabat Kepala Desa yang seharusnya dilantik ada 2 Desa yaitu Desa Deli Muda Hulu dan Desa Suka Beras Kecamatan Perbaungan, namun berhubung satu Desa yaitu Desa Cina Kasih Kecamatan Sei Rampah Kepala Desa  yang terpilih  Rianto, S.Pd I meninggal Dunia  diakibatkan sakit komplikasi, Kamis (28/4/2022) Bupati Serdang Bedagai  juga melantik pejabat Kepala Desa Cina Kasih.

Bupati Sergai Melantik 99 Kepala Desa Tepilih Dan 3 Pejabat Kepala Desa

Bupati H.Darmawijaya  dalam sambutanya mengatakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat merupakan amanat dari Peraturan Perundang-Undangan yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan proses demokrasi ditingkat desa secara efektif dan efisien.

Sebagai sebuah proses demokrasi politik ditingkat desa, Pilkades harus dimaknai sebagai sebuah proses awal dalam rangka mewujudkan cita-cita pembangunan di desa yaitu terwujudnya masyarakat desa yang Mandiri, Sejahtera, dan Religius ”kata Bupati  H.Darmawijaya

Menurut Darmawijaya. Dengan dilantiknya para Kades menjadi pemimpin penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa, itu artinya mulai hari ini hingga enam tahun kedepan mempunyai tugas dan tanggungjawab yang harus diemban.

“ saudara harus memahami aturan perundang-undangan yang berlaku atas tugas-tugas saudara sebagai Kades, selalu menjaga integritas, melayani sepenuh hati dan professional, harus inovatif dan cekatan turun tangan serta harus bisa membuat star up dan badan usaha di desa dan mensukseskan desa digital dalam satu tahun”ujarnya

Untuk itu, Bupati Sergai berharap kepada para Kades yang baru dilantik, pertama, bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh serta penuh tanggungjawab sesuai dengan tupoksi. Kedua, menempatkan BPD sebagai mitra dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa.

Selanjutnya yang terakhir menciptakan kondusifitas lingkungan hidup masyarakat desa dengan merangkul seluruh elemen masyarakat,mengaktifkan siskamling di setiap Desa untuk dapat menjaga kamtibmas dalam  hal hal tindak kriminal khususnya dalam peredaran narkoba dan membuat petugas kebersihan di setiap desa”harap Bupati Sergai Darmawijaya.

Dalam acara pelantikan tampak hadir Bupati Sergai H. Darmawijaya, Wabup H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP ,unsur Forkopimda,Wakapolres Tebing Tinggi, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasibuan, AP, MAP, Ketua TP PKK Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Aini Zetara Siregar, para Asisten, Staf Ahli Bupati,Kepala OPD, Camat, PKK Desa serta undangan lainnya.(hrj)

Print Friendly, Pdf & Email