PPDB KOTA MEDAN 2022

Bupati Luwu Timur Hadiri Gerakan Nasional BBI dan BWI Tahun 2022

Bupati Luwu Timur Hadiri Gerakan Nasional Bbi Dan Bwi Tahun 2022

Luwu Timur –Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BWI) 2022 bersama Bank Indonesia (BI) sebagai Movement Manager Gernas BBI & BWI 2022.

Gernas BBI dan BWI Sulsel Tahun 2022 mengusung tema “SEMANGAT PINISI” (Perkuat Inisiasi Nyata melalui Sinergi & Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi – Recover Together, Recover Stronger).


Opening Ceremony Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI) tahun 2022 dilakukan di Anjungan Pantai Losari Makassar dan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Kebijakan Peningkatan Pembelian dan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam rangka Bangga Buatan Indonesia di Baruga Karaeng Pattingallang, Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (24/02/2022).

Gernas BBI dan BWI Tahun 2022 dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Deputi dan Direksi Bank Indonesia, Anggota DPR RI, Amir Uskara, Forkopimda Sulsel, serta para kepala daerah Se-Sulawesi Selatan.

Dalam Sambutannya, Menkomarves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa, meski ditengah situasi pandemi yang mengguncang perekonomian global, Gernas BBI dan BWI diharapkan bisa turut mendukung upaya pemulihan dan kebangkitan kembali perekonomian nasional.

“Terdapat program pemerintah untuk mendukung UMKM, yang mewajibkan belanja pemerintah sebesar Rp. 400 triliun menggunakan e-catalog yang dapat menjadi wadah bagi peran UMKM dan diproyeksikan akan mencetak puluhan ribu UMKM baru dan menyediakan ratusan ribu produk,” kata Luhut.

“Dengan kontribusi pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan tumbuh 1,7 persen berdasarkan data BPS, UMKM perlu dilibatkan dalam hilirisasi dan perlu diberikan pelatihan melalui pembangunan pusat pendidikan,” tambahnya.

Menparekraf, Sandiaga Uno juga menambahkan, dengan adanya Gernas ini sebagai upaya untuk membangkitkan dan pulihkan perekonomian disektor pariwisata dan UMKM lokal agar semakin dicintai dan dibanggakan oleh rakyatnya sendiri dengan menggunakan berbagai produk dan karya anak bangsa.

Plt. Gubernur Sulsel, A. Sudirman Sulaeman mengatakan bahwa kestabilan ekonomi di Sulsel yang tidak goyah adalah kestabilan ekonomi di bidang UMKM dan Pariwisata.

“Kami berharap support dari kementrian terkait untuk provinsi Sulsel sebagai ikon UMKM dan Pariwisata di Indonesia Timur serta kedepannya menjadi barometer perkembangan negara Indonesia kedepan,” ujar A. Sudirman.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan Gernas BBI dan BWI 2022 di Provinsi Sulsel.

“Dengan adanya Gernas ini sebagai wadah untuk meningkatkan promosi produk UMKM dan objek wisata di Sulawesi Selatan, terutama di Kabupaten Luwu Timur,” tuturnya.

Budiman juga menyatakan, kegiatan gernas BBI dan BWI sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk mengkolaborasikan produk-produk UMKM sebagai bagian utama dari sektor pariwisata.

Sebagai informasi, rangkaian acara Gernas BBI dan BWI 2022 dijadwalkan hingga 27 Februari 2022 yang terdiri dari pameran produk UMKM, pemberdayaan UMKM, kurasi produk, sosialisasi zillenial, pelatihan & pendampingan. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Anjungan Pantai Losari dan Atrium Trans Studio Mall Makassar.

Print Friendly, Pdf & Email