Bupati Garut Buka Acara 2nd Garut Young Koi Show 2021

Kaka Adit - Jawa Barat
  • Bagikan
Bupati Garut Buka Acara 2nd Garut Young Koi Show 2021

LIPUTAN4.COM. GARUT,  – Bupati Garut, Rudy Gunawan secara resmi membuka acara 2nd Garut Young Koi Show 2021 yang terselenggara di Gedung Serbaguna Mandala, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (5/6/21).

Bupati Garut menyampaikan bahwa acara yang diselenggarakan oleh Asako ini pesertanya berasal dari beberapa daerah di Indonesia. “Kita hari ini meresmikan satu kegiatan yaitu Pameran Young Koi Show 2021 yang kedua, diselenggarakan oleh Asako dan ini adalah luar biasa pesertanya dari seluruh Indonesia,” ujar Bupati Garut.

Ia berharap acara Young Koi Show ini bisa meningkatkan gairah petani ikan koi di Kabupaten Garut dan Jawa Barat. “Mudah-mudahan ini menjadi bagian untuk meningkatkan gairah para petani ikan ataupun penghobi ikan koi di Kabupaten Garut dan Jawa Barat luar biasa luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan (Diskanak) Garut, Sofyan Yani, menuturkan pihaknya mengapresiasi penyelenggaran Young Koi Show ini. “Pemda dalam hal ini Dinas Perikanan dan Peternakan mengapresiasi sekali terhadap penyelenggaraan kontes Koi Young Show ini yang kedua bagi Asako karena sebelumnya sudah dilaksanakan satu tahun kebelakang di Makorem dan sukses pada waktu itu Alhamdulillah walaupun di masa pandemi, dan ini yang kedua kita Garut sering melaksanakan yang seperti ini, kemarin juga Garut Cup Koi dilaksanakan pada bulan Maret Alhamdulillah sukses,” tutur Sofyan.

Ia menyampaikan sampai sekarang Kabupaten Garut sudah menyelenggarakan 3 event atau acara yang berkaitan dengan Koi ini, dan semua acara tersebut berjalan sukses. “Ini sudah 3 kali event yang Garut Cup satu kali, yang Asako 2 kali itu semuanya sukses, peserta di atas 1.500, sekarang 1.560,” katanya.

Sofyan mengungkapkan bahwa festival koi seperti ini mampu mendongkrak perekonomian para peternak dan pembudidaya ikan koi. “Tentunya ini kebanggaan buat pemerintahan Garut karena ini dapat meningkatkan aktivitas erekonomian masyarakat, terutama mendongkrak perekonomian para peternak ikan koi (atau) pembudidaya ikan koi, ini mempunyai nilai tambah yang cukup bagus, karena harga-harga ikan koi ini cukup menjanjikan, sangat luar biasa nilainya besar-besar,” ungkap Sofyan.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana acara, Ilham, memamparkan bahwa pihaknya menyewakan 108 fet dalam festival koi ini. “Untuk total fet yang disewa sendiri totalnya ada 108 fet, kebetulan untuk total fish entry yang masuk sekitar 1560 tapi itu masih ada sementara belum direkap secara full, (Untuk peserta) dari Jawa Barat, JawaTengah, Jawa Timur juga ada,” papar Ilham.

Ia menyampaikan bahwa hobi memelihara ikan ini bisa dikatakan hobi yang dibayar, karena ikan mempunyai nilai pasar yang cukup tinggi. “Mudah-mudahan dengan adanya koi show ini secara rutin, mudah-mudahan para petani, para seller, atau yang lainnya yang terlibat di Koi, untuk perekonomiannya lebih tinggi, terus ditambah orang-orang Garut sendiri young koi show itu sendiri, soalnya dengan koi ini kalau dihitung bisa hobi yang dibayar.” pungkasnya.

Dilansir : Adis / Mukti

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications