Bupati Budiman : Peningkatan Kapasitas SDM TP PKK Harus Dibimbing dan Dikembangkan

Luwu Timur –Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Ketua TP-PKK Luwu Timur, Hj. Sufriyati membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Pengurus TP-PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan lingkup Kabupaten Luwu Timur yang berlangsung di Hotel Aerotel Smile Makassar, Rabu (30/11/2022).
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Halsen melaporkan bahwa, peserta yang mengikuti bimtek kali ini 3 Kecamatan, 3 Kelurahan dan 125 Desa. Adapun tujuanya untuk menerima materi yang berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris PKK khusunya di masing-masing Desa
“Kita dapat bersyukur bahwa selama saya menjabat di PMD, baru kali ini Sekretaris PKK mengikuti Bimtek Kapasitas Pengurus TP-PKK. Dan akan berlangsung selama 4 hari mulai dari tanggal 30 November s/d 3 Desember 2022,” ungkapnya.
Mengawali sambutanya, Bupati Budiman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada  seluruh jajaran pengurus PKK dan Kader yang telah ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah.
“Saya meyakini bahwa peningkatan kapasitas SDM TP-PKK ini tidak bisa terbentuk secara otomatis namun harus dilatih, dibimbing dan dikembangkan secara terencana dan berkesinambungan agar menjadi kekuatan untuk mendukung tercapainya pelayanan yang berkualitas ditengah-tengah masyarakat,” ujar Bupati.
Menurutnya, pemerintah daerah memandang Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur telah berkiprah secara optimal melaksanakan tugas dan fungsinya dengan mendorong para kadernya terlibat aktif membantu pemerintah melalui beragam program dan kegiatan yang bermuara pada peningkatan kehidupan keluarga dan masyarakat mulai dari pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan keterampilan hingga keagamaan.
“Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk ikut meningkatkan kualitas dan peran PKK sehingga lebih optimal dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” imbuhnya.
Orang nomor satu di Bumi Batara Guru ini juga menyampaikan bahwa, keberhasilan program kerja PKK harus pula didukung dengan administrasi yang baik, sehingga program kerja yang dilaksanakan dapat terukur dan tercatat.
“Karenanya, pelatihan bagi Sekretaris TP-PKK ini menjadi wahana yang cukup strategis untuk meningkatkan kemampuan SDM Kader PKK dalam pengelolaan Administrasi,” jelasnya.
Oleh karenanya, Budiman berharap, para kader harus mengikuti dengan baik pelatihan ini seiring dengan semangat PKK dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan Tim Penggerak PKK dan para kadernya agar lebih mampu dan professional dalam melaksanakan peran dan fungsinya dalam memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.
Turut hadir Pimpinan Lembaga Pengembangan Otonomi Daerah (LPOD), Prof. Dr. H. Rasyid Taha, M. S.i, Staf Ahli PKK Kabupaten Luwu Timur, Haeril Al Fajri, dan seluruh Sekretaris Peserta Kapasitas pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Kelurahan. (wi/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)