PPDB KOTA MEDAN 2022

Buah Ikhtiar Pemkab Pamekasan, Batik Tulis Pamekasan Bakal di Pamerkan di KTT G20 di Bali

Buah Ikhtiar Pemkab Pamekasan, Batik Tulis Pamekasan Bakal Di Pamerkan Di Ktt G20 Di Bali

Liputan4.com – Promosi batik tulis yang getol dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Madura, Jawa Timur membuahkan hasil mengejutkan setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno merekomendasikan untuk dipasarkan pada event Internasional.

Ya, Sandiaga Shalahuddin Uno berencana untuk membawa batik tulis khas Pamekasan pada acara KTT G20 yang akan digelar di pulau dewata Bali. Tidak hanya dipamerkan, batik Pamekasan tersebut kemungkinan besar menjadi seragam resmi peserta.


G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia. Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan mas Menteri Sandiaga Uno dalam acara Pamekasan Fashion Weekend (PFW) di Mandhapa Aghung Ronggosukowati tanggal 2 April 2022 lalu usai melihat kualitas batik tulis Pamekasan.

“Kami siap motif batik apa saja yang dibutuhkan, kalau mau yang kontemporer ada batik podhek bagus, kalau mau yang klasik, ada batik toket. Intinya kami siap,” ujar
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin, Sabtu (16/4/2022).

Tidak hanya itu, tambah dia, pihaknya juga menyiapkan fashion show batik Pamekasan apabila dibutuhkan pada ajang internasional tersebut demi terangkatnya batik Pamekasan di kancah internasional.

Dia berharap, tampilnya batik tulis Pamekasan pada ajang tersebut mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama para perajin batik sesuai dengan keinginan Bupati Baddrut Tamam menumbuhkan ekonomi dari desa.

“Sehingga batik Pamekasan nanti bisa sejajar dengan batik Solo, batik Yogjakarta. Makanya kita sering promosikan biar batik Pamekasan tidak hanya jago kandang,” pungkasnya.

Print Friendly, Pdf & Email