BPBD Kota Padang Sidimpuan Adakan Mitigasi Bencana Setiap Jum’at

Reporter: Sayuti Pulungan Topik: Informasi Publik
  • Bagikan
Bpbd Kota Padang Sidimpuan Adakan Mitigasi Bencana Setiap Jum'At

 

Liputan4com
Padang Sidimpuan 19/11/2021. Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan mitigasi bencana, setiap hari jum’at dengan tujuan utama dari adanya mitigasi bencana adalah mengurangi risiko cedera masyarakat atau timbulnya korban jiwa.


Kegiatan mitigasi bencana ataupun normalisasi drainase dilaksanakan berada di dua titik, jumat ( 19/ 11/ 2021) yakni drainase Jalan HM Syukur Harahap ( didepan SD Inpres Sadabuan) dan drainase jalan Jend.sudirman seputaran Kelurahan Sadabuan Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.

Bpbd Kota Padang Sidimpuan Adakan Mitigasi Bencana Setiap Jum'At

 

Sambung “Kalaksa BPBD Kota Padangsidimpuan Ir. H Arpan Siregar menyampaikan bahwa, “ Mitigasi Bencana merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana ulah manusia maupun gabungan dari keduanya dalam masyarakat.

Ada empat poin penting yang perlu diperhatikan dalam mitigasi bencana, diantaranya tersedianya informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap kategori bencana, sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman serta kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana, mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari serta cara penyelamatan diri jika bencana terjadi sewaktu-waktu , dan pengaturan, penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana. Pertimbangan dalam Menyusun Program Mitigasi (khususnya di Indonesia) diantaranya:

– Mitigasi bencana harus diintegrasikan dengan proses pembangunan;
– Fokusnya bukan hanya dalam mitigasi bencana tapi juga pendidikan, pangan, tenaga kerja, perumahan bahkan kebutuhan dasar lainnya.;
terhadap kondisi sosial, budaya serta ekonomi setempat
– Dalam sektor informal, ditekankan bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat untuk membuat keputusan, menolong diri sendiri dan membangun secara mandiri.
– Menggunakan sumber daya lokal (sesuai dengan prinsip desentralisasi)
– Mempelajari pengembangan konstruksi rumah yang aman bagi golongan masyarakat kurang mampu, serta pilihan subsidi biaya tambahan dalam membangun rumah.
– Mempelajari teknik merombak (pola dan struktur) pemukiman.
– Mempelajari tata guna lahan untuk melindungi masyarakat yang tinggal di daerah rentan bencana dan kerugian, baik secara sosial, ekonomi, maupun implikasi politik
mudah mudahan bisa terlaksana dengan mudah di pahami mayarakat.

 

Kegiatan mitigasi bencana di ikuti oleh personil BPBD Kota Padangsidimpuan Setiap hari jum”at
adapun kordinator Juli Sapitri Siregar MKM.
adapun Personil kegiatan 130 orang terdiri Satgas BPBD dan ASN. (sayuti)

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan