Besok, Garda NTT Akan Melakukan Solidaritas 1000 Lilin untuk Besipae

Besok, Garda Ntt Akan Melakukan Solidaritas 1000 Lilin Untuk Besipae

LIPUTAN4.COM, MAUMERE | GARDA NTT( Gerakan Patriot Muda), akan menggelar aksi Solidaritas 1000 Lilin untuk Besipae, di Taman Pandang, Depan Istana Merdeka Jakarta, pada Sabtu (22/8/2020).

Hal ini disampaikan oleh Divisi Hukum GARDA NTT, D. Aliando, SH, kepada LIPUTAN4.COM. Aksi ini akan dilakukan Pukul 15.00 WIB – selesai, acara akan berlangsung dengan teatrekal kejadian intimidasi dan pengusiran terhadap masyarakat adat pemilik dan penghuni lahan Pububa-Besipae oleh aparat gabungan Satpol PP, TNI dan Polri, dilanjutkan dengan orasi dan ditutup dengan menyalakan "1000 lilin" sebagai bentuk belasungkawa atas penderitaan rakyat Besipae.


Menurutnya Solidaritas kemanusiaan sebagai sesama anak bangsa, yang mana anak bangsa di perlakukan secara tidak manusiawi oleh negara khususnya terhadap masyarakat adat Pubabu- Besipae sebagai pemilik tanah adat yang di atur dalam UUD 1945 pasal 18 B ayat 2.

"Dengan jelas mengatakan bahwa Negara mengakui dan menghormati kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangannya masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur Aliando.

Lanjutnya, Harga diri masyarakat adat Pubabu- Besipae jangan ditiadakan oleh Negara apalagi diperlakukan dengan cara yang tidak manusiawi melalui intimidasi pengusiran oleh aparat bersenjata lengkap yang mengakibatkan rasa traumatis bagi masyarakat baik anak-anak, orang dewasa dan bahkan kepada orang tua.

Dengan adanya aksi besok,  Aliando berharap Negara dalam hal ini Pemprov NTT, segera menghentikan aksi yang tidak berperikemanusiaan terhadap masyarakat adat Pubabu- Besipae.

"Harusnya melakukan pendekat- pendekatan yang persuasif untuk menentukan solusi yang terbaik bagi kedua bela pihak, bukan dengan cara yang sudah dilakukan oleh pihak aparatur negara beberapa waktu yang lalu, dimana akan menimbulkan gejolak baru di dalam kehidupan masyarakat adat Besipae," kata Divisi Hukum GARDA NTT.

Penulis : KJ
Editor.   : KJ

[zombify_post]