Berawal dari Masa Lalu, Pria Langir harus Memelihara Ikan Timah*

Liputan4.com,Maumere- Memelihara ikan kepala timah manjur untuk bebas dari DBD. Demikian yang sudah dialami Petani Langir,Igantius Iking.

Ignatius Iking, petani Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT),memiliki kisah unik dalam hidupnya,bermula dari masa lalu ia harus memelihara ribuan Ikan Kepala Timah disekitaran rumahnya.

Ia menceritakan bahwa pemeliharaan ikan kepala timah sudah digeluti sejak Tahun 2006, dimana kala itu salah satu keluarganya terserang penyakit berbahaya.

“Saat itu anak pertama saya, menderita DBD, Setelah mengalami hal itu saya mulai mencari cara untuk memberantas jentik nyamuk,” ungkap Ignatius Iking saat ditemui Liputan4.com,dirumahnya Magedoa.

Barulah ia dapatkan Caranya bermula dari keikutsertaan menjadi peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh YASPEM tentang pemberantasan jentik nyamuk.

“Saat pelatihan kami di perkenalkan, ada dua pemberantas jentik nyamuk selaras alam yaitu BTI yang didatangkan dari Israel dan ikan kepala timah.

Selesai mengikuti pelatihan Ignatius Iking menemui salah satu fasilitaor agar memberikan ikan Kepala Timah untuk dilakukan pembenihan.

Namun, pelepasan ikan batal dikarenakan Ignatius Iking sudah memiliki Sebelumnya yang diberikan salah satu Suster di Rumah Sakit Kewapante.

“Saya tidak menyadari jika ikan yang diberikan salah seorang suster yang bertugas di Rumah Sakit Kewapante adalah ikan kepala timah, Oleh karena itu saya batalkan,” tuturnya.

Menyadari itu, Iganatius Iking, mulai melakukan pembenihan melalui pedoman pelatihan yang diberikan oleh YASPEM.

“Terbukti dengan pelatihan yang saya dapatkan dan pembenihan yang saya lakukan di bak- bak dekat rumah, kami tidak lagi terkena DBD dan nyamuk sangat berkurang.

Sekarang ikan kepala timah di rumah Pria langir ini sudah mencapai ribuan.

Memiliki ribuan ikan, Ignatius Iking pun membagikan kepada warga Langir dan melakukan usaha penjualan ikan kepala timah, sebagai usaha kecil.

“Sudah saya bagikan dan syukur ada juga yamg memesan,” Imbuh Pria yang biasa disapa Iking.

Disamping itu Iking berharap kepada masyarakat agar bisa mengambil hikmah dari pengalamannya dan selalu menjaga keluarganya.

“Ketika mencintai sebuah keluarga apapun harus kita lakukan, salah satunya melindungi keluarga dan mau berusaha,” tutupnya.

Viktorius

Leave a Reply