Bayi Lutung Jawa yang Ditemukan di Pinggir Jalan Diserahkan BBKSDA Jatim

Seekor bayi Lutung Jawa (Trachypithecus Auratus) diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BB KSDA) Jawa Timur oleh penemunya, seorang warga Kota Malang. Bayi satwa jenis dilindungi tersebut ditemukan dalam sebuah kardus di pinggir Jalan Bugis, Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

“Kami telah menerima penyerahan seekor bayi Lutung Jawa dari masyarakat kota Malang. Satwa yang masih bayi tersebut ditemukan seseorang atas nama Dini di pinggir jalan dalam sebuah kardus sekitar tiga hari lalu,” kata Nandang Prihadi, Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur, Senin (3/6).


Diduga satwa malang tersebut sengaja dibuang atau ditinggalkan oleh seseorang tidak bertanggung jawab. Namun beruntung, bayi lutung tersebut bertemu dengan warga yang sadar akan konservasi.

“Yang bersangkutan tahu satwa tersebut adalah jenis satwa yang dilindungi. Akhirnya mencari tahu dan mendapatkan kontak petugas kami di Resort Malang,” katanya.

Selanjutnya BB KSDA Jawa Timur berkoordinasi dengan Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Javan Langur Center (JLC) di Batu. Sementara satwa tersebut dititipkan ke JLC yang selama ini memang kosern pada rehabilitasi lutung.

Petugas Resort Konservasi Wilayah (RKW) 22 Malang, menerima penyerahan bayi lutung tersebut pada Minggu, 2 Juni 2019. Kemungkinan besar lutung tersebut memang terkait dengan sindikat jual beli satwa dilindungi.

(mdk/ded)