Batara Guru Gorga Jungjungan Hasibuan Dikukuhkan Sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu

Batara Guru Gorga Jungjungan Hasibuan Dikukuhkan Sebagai Ketua Bpa Luhat Sosa Julu

Liputan4.com.  Padang Lawas
Padang Lawas-Ketua Badan Pemangku Adat (BPA) Kabupaten Padang Lawas, Sutan Parlidungan Hasibuan mengukuhkan Arion Batara Anggina Hasibuan gelar Batara Guru Gorga Jungjungan Hasibuan sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu.

Pengukuhan tersebut digelar di Bagas Godang Desa Hurung Jilok, Kecamatan Sosa Julu, Kabupaten Padang Lawas (PALAS), Provinsi Sumatera Utara (SUMUT), Senin (30/05/2022.


Ketua BPA Palas , Sutan Parlindungan Hasibuan mengatakan agar Ketua BPA Luhat Sosa Julu yang baru dikukuhkan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai ketua Pemangku Adat di Luhat Sosa Julu, jangan sampai adat istiadat yang kita miliki di Palas ini terkikis oleh suatu sistem, ataupun jaman digital sekarang ini’, kata Sutan Parlindungan.

“Kami berharap dengan pengukuhan ini Ketua BPA yang baru, agar mampu menjalankan amanah dengan baik termasuk bertanggung jawab melestarikan adat dan istiadat di Luhat Sosa Julu”, ungkap Sutan Parlindungan.

Acara pengukuhan Ketua BPA yang baru adalah untuk mengisi kekosongan Ketua BPA yang sebelumnya diemban oleh Alm. Pompi Bonardo Martohap Hasibuan gelar Mahodum Bosar Hasibuan sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu.

Sementara itu, Arion Batara Anggina Hasibuan sebagai Ketua BPA Luhat Sosa Julu yang baru dikukuhkan mengungkapkan akan bekerja dengan sepenuhnya untuk masyarakat, khususnya di bidang adat di daerah Luhat Sosa Julu, umumnya daerah Palas ini,’ ujar Batara Guru Gorga.

“Pengukuhan ini merupakan tanggung jawab yang sangat berat dan besar, kami sangat berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan tokoh adat Luhat Sosa Julu kedepan, demi kemajuan budaya dan adat kita”,harapnya.

Jadir dalam acara tersebut dewan penasehat BPA Kabupaten Padang Lawas, Patuan Banggor Harahap, Tongku Imbang Daulay serta Kahanggi dan Anakboru yang ada di daerah Sosa julu. (Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email