Bank Kalsel Memprogramkan BUMDes Sebagai Agen Bank

Bank Kalsel Memprogramkan Bumdes Sebagai Agen Bank

 

BANJARMASIN – Liputan 4.Com. Dalam rangka membangkitkan ekonomi desa, Bank Kalsel berencana membuat terobosan dengan menggandeng BUMDes, sebagai Laku Pandai atau Agen Bank, yang bertugas sebagai kepanjangan tangan untuk mengakses para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di tingkat kecamatan atau pedesaan, yang kini masih belum mendapatkan akses pelayanan perbankan kususnya Bank Kalsel.


Saat gelaran BUMDes Expo 2022 yang berlangsung pada tanggal 6 -7 Agustus 2022 tadi, di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya, menyampaikan, dengan melakukan kolaborasi, maka Bank Kalsel dan BUMDes akan saling mendapat keuntungan.

“Kalau Bank Kalsel hadir dengan menggunakan kantor cabang itukan mahal sekali, tapi klo berkolaborasi dengan BUMDes, Bank kalsel mendapat nasabah, BUMDesnya bisa meningkatkan perekonomian disekitarnya” jelas Hanawijaya,

Hanawijaya menambahkan, menggandeng BUMDes merupakan strategi Bank Kalsel untuk mendapatkan nasabah baru, yang di anggap lebih baik jika dibandingkan harus membangun kantor unit baru untuk masuk ke desa.

Menurut Hanawijaya, even ini merupakan program recoveri ekonomi Provinsi Kalsel, yang melibatkan Kabupaten/Kota se Kalsel, diharapkan melalui program itu Bank Kalsel dapat melakukan sinergitas dengan para Umkm, untuk mendorong peningkatan perekonomian di pedesaan.

BUMDes EXPO 2022 ini, merupakan program recovery ekonomi Provinsi Kalsel, yang melibatkan BUMDes di 11 Kabupaten di Kalsel, yang di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel, Roy Rizali Anwar mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, bersama Ketua DPRD Kalsel, Supian HK.

pada even ini, selain menampilkan berbagai produk makanan, kerajinan dan wisata yang di kelola oleh BUMDes agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, juga dilakukan penyerahan penghargaan berupa uang Pembinaan kepada 6 (Enam) BUMDes terpilih dengan prestasi terbaik dikalsel.

Keenam BUMDes itu adalah BUMDes Maju Jaya dari Tabalong, BUMDes Makmur Jaya Abadi dari Tapin, BUMDes Tirta Jaya dari Tanah Bumbu, BUMDes Karya Putra Pribumi dari Tanah Laut, BUMDes Makmur Sejahtera dari Banjar dan BUMDesa Maju Bersama dari Barito Kuala.

Penghargaan juga diserahkan kepada 3 (tiga) kabupaten sebagai pemerintah daerah terbaik dalam pengembangan BUMDes, Yaitu, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu sejumlah perusahaan yang mendukung pengembangan BUMDes juga mendapat penghargaan, di antaranya adalah Bank Kalsel melalui Kantor Cabang Rantau atas dukungan dan pembinaan kepada BUMDes Tapin yang menjadi salah satu terbaik pada penilaian BUMDes se-Kalimantan Selatan Tahun 2022.(Liputan 4.Com).