Selamat Hari Raya Idul Fitri

Awas !!! Sanksi Pidana Menanti, Para Oknum Pembakar Lahan Dan Hutan, Ditpolairud Lakukan Imbauan

  • Bagikan
Awas !!! Sanksi Pidana Menanti, Para Oknum Pembakar Lahan Dan Hutan, Ditpolairud Lakukan Imbauan

Liputan4.com,Kalteng- Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Polisi XVIII-2007 Direktorat Kepolisian dan Perairan Polda Kalteng, Melakukan imbauan ke Desa Saka Lindung Kabupaten Kapuas untuk menyampaikan Maklumat Kapolda Kalteng tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan pada hari Minggu (28/02/2021) Pagi.

Rekapitulasi Luas Kebakaran Hutan dan Lahan (Ha) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 yaitu 7.681,00 Hektar. Untuk wilayah Kabupaten Kapuas sendiri lahan yang terbakar menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas telah mencatat ada 281 Titik Panas (Hotspot), 60 Kejadian Kahutla dan 375,52 Hektar luas Area Terbakar mulai dari 1 Januari sampai dengan 5 Oktober 2020 di Kabupaten Kapuas. Hal ini membuat tergeraknya Ditpolairud melalui KP.XVIII-2007 untuk memberikan imbauan terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya tidak terulang di tahun 2021 di wilayah Kabupaten Kapuas.

Dirpolairud Polda Kalteng Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono, S.I.K., M.Hum saat dikonfirmasi melalui Komandan Kapal Polisi XVIII-2007 Aiptu Hery Purwanto menjelaskan “Imbauan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa membersihkan lahan dengan cara di bakar itu tidak baik, jadi kami disini selain memberikan imbauan juga memberikan pemahaman dampak dari membakar hutan” ucap Hery

“Disini kami juga mensosialisasikan Maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana terhadap pembakaran hutan dan lahan yang mana dalam maklumat ini berisi sanksi pidana salah satu contoh nya UU No 41 Tahun 1999 pasal 78 berbunyi Apabila dengan sengaja membakar hutan akan di ancam hukuman 15 tahun penjara dan denda 5 miliar,” lanjut Hery saat di temui sedang memberikan imbauan kepada masyarakat

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha Ditpolairud Polda Kalteng melalui KP.XVIII-2007 untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan yang hampir terulang setiap tahunnya. Mulai dari sekarang ayo kita bahu membahu untuk menjaga kelestarian alam agar tetap hijau berseri.
(@nt)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Ibadah Puasa

Ibadah Puasa