News, NTT  

Puskesmas Nulle Tak Punya Gedung Ponek, Bangunannya Mangkrak Sejak 2017.

Puskesmas Nulle Tak Punya Gedung Ponek, Bangunannya Mangkrak Sejak 2017.

Soe.Liputan4.com

Angka kelahiran di wilayah pelayanan puskesmas Nulle, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan sangat tinggi namun tak ditunjang oleh fasilitas yang memadai.


Gedung Ponek yang seharusnya dibangun  sejak tahun 2017 untuk menunjang pelayanan namun mangkrak dan kini ditumbuhi rumput dan  pepohonan layaknya kebun.

Pelayanan pasien yang melahirkan   hanya mengandalkan satu ruangan dengan dua tempat tidur.

Orance Nuban,Kepala Puskemas mengatakan dirinya baru menjabat sebagai kapus sejak Juni tahun lalu sehingga tidak tau persis soal gedung tersebut.

“Ini gedung yang mangkrak adalah  Ponek untuk persalinan,dan  saya tidak tau proses pembangunannya.Yang jelas itu dibangun sejak 2017”, Ujarnya.

Namun demikian dirinya sudah melaporkan  ke Dinas Kesehatan namun belum ada jawaban.

Ia mengakui pertumbuhan penduduk tinggi dan gedung Ponek hadir untuk  menjawab kebutuhan namun bangunan tersebut mangkrak

Hal ini sangat disayangkan tim pansus (jumat 19/6/2020) saat melakukan uji petik lapangan yang dipimpin oleh Wakil DPRD TTS Yusuf Nikolas Soru,Ketua Pansus Marthen Tualaka,Wakil Ketua Pansus Uksam Selan,dan anggota Matheos Lakapu,Habel Hotti,Lusianus Tusalakh, Askenas Afi,Piter
Kefi, Laurens Jehau,dan Jean Neonufa.

Oleh temuan tersebut Marthen Tualaka mengatakan akan mengundang Dinas Kesehatan untuk memberikan klarifikasi terhadap gedung mangkrak tersebut.

“Kita harus panggil Dinas Kesehatan untuk pertanyakan,karna seharusnya gedung ini dibangun untuk menjawab kebutuhan tapi faktanya seperti ini,Ujar Marthen.

Sementara itu Lusianus Tusalakh dan Habel Hotti yang melihat langsung ruangan  VK mengatakan sangat tidak layak karna ruangannya kecil dan saling berdekatan.
“Ini sangat tidak layak disaat peneyebaran  Covid seperti ini,apa mungkin Protap kesehatan diterapkan?”,tanya Lusi.(Sys)

[zombify_post]