Anggota DPRD Sumut Dhody Thaher Beri Bantuan ke Peternak Ikan di Asahan

 

Sumut Liputan4.com – Asahan, Anggota Fraksi Golkar DPRD Sumut, H Dhody Taher, memberikan bantuan kepada peternak ikan di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, Rabu (30/11/2022).


Bantuan yang diberikan kepada para peternak berupa bibit ikan air tawar, udang vaname, kincir mesin dompeng, pakan, dan yang lainnya. Bantuan yang diperkirakan mencapai Rp1 miliar tersebut, diharapkan dapat mendongkrak penghasilan dari para peternak.

“Tentunya kita belum dapat mengakomodir seluruh peternak yang ada. Tetapi saya harapkan, dengan bantuan ini dapat menumbuhkembangkan para peternak yang ada di Kabupaten Asahan ini,” kata Dhody Taher.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan bantuan yang diberikan tersebut, harapannya akan menambah kemunculan peternak-peternak baru yang nantinya akan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Kita harus saling bantu. Nantinya, kepada peternak yang sudah berhasil, dapat ‘mentransfer’ keberhasilannya kepada rekan-rekannya, sehingga nantinya mendongkrak perekonomian masyarakat juga. Terlebih lagi, situasi kedepan diprediksi akan terjadi krisis pangan, makanya kita harus mengembangkan budi daya ternak untuk menjaga kestabilan pangan di Sumut,” urai Dhody Taher.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Bantuan tersebut, kata Dhody Taher, menyahuti permintaan para peternak yang berharap bantuan modal usaha dalam reses yang dilakukannya di awal tahun 2022.

Ia pun berharap, agar usaha budidaya perikanan tersebut terus dikembangkan, termasuk jenis-jenis ikan lainnya.

“(Peternakan ikan) ini sangat baik, harus dikembangkan, juga ada disversifikasi kepada jenis ikan lainnya yang memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga bisa menjadi mata pencaharian bagi masyarakat,” ujar Dhody.

Ada pun bantuan ikan yang diberikan, antara lain: Udang vaname untuk peternak di Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut, yang terdiri dari dua kelompok.

Kemudian, ikan lele diberikan kepada dua kelompok peternak di Kelurahan Siumbut Baru, Kecamatan Kisaran Timur. Selanjutnya, masing-masing satu kelompok diberikan ikan lele untuk Kelurahan Senang, Kecamatan Kisaran Timur; Desa Silau Tua, Kecamatan Setia Janji; Desa Situnjak, Kecamatan Aek Songsongan; Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Siongsongan; Desa Baru, Kecamatan Pulau Rayat.

Sedangkan ikan nila, diberikan kepada kelompok peternak yang berasal dari Desa Sei Kamah, Kecamatan Sei Dadap dan Desa Bandar Pulau Pekan, Kecamatan Bandar Pulau, serta dua kelompok untuk Desa Padang Pulau, Kecamatan Nandar Pulau.

Terakhir, ikan gurame yang diberikan kepada satu kelompok peternak di Desa Teladan, Kecamatan Tinggi Raja.(Abdi)