x

Akibat Kekeringan Ratusan Hektar Tanaman Padi di Lamsel Untuk Pakan Ternak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Sep 2023 08:44 0 581 SRI WIDODO

Liputan4.com, , Lampung Selatan.

Akibat kekurangan pasokan air ratusan hektar tanaman padi di Kabupaten Lampung Selatan gagal panen, petani merugi dan memotong tanaman mereka untuk pakan ternak.

Ratusan hektar hamparan sawah terletak di desa sumber nadi, desa pematang pasir, desa Tamansari kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan, kekeringan membuat ratusan hektar padi layu dan mulai kering batang dan daunnya, dan dipastikan gagal panen.

Menurut penuturan salah seorang petani Suwarno, sebelumnya para petani telah berupaya membuat sumur bor namun hasilnya nihil, Karna tak keluar mata airnya.

“Sebelumnya kami para petani telah berupaya membuat sumur bor namun hasilnya nihil, Karna tak keluar mata airnya, sudah dipastikan para petani menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah,” kata dia, Kamis,( 21/09/2023)

Dirinya juga menambahkan ratusan hektar yang berada di tiga desa, sudah dipastikan sudah di pastikan gagal panen, para petani menelan kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Namun kini sejumlah petani tak lagi memperdulikan kondisi sawah, karena putus asa sebagian petani memilih memotong tanaman padi untuk makanan ternak.

Dirinya dan para petani hanya bisa berharap pemerintah, segera membangun irigasi dan embung air untuk solusi kekeringan sehingga tidak menjadi persoalan setiap musim kemarau.

“Semoga saja Pemerintah cepat memberikan solusi dengan segera membangun irigasi ataupun embun air sehingga pada saat seperti ini para petani tidak lagi yang ada gagal panen seperti saat ini.” Ujar dia

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x